ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA TERBITAN KEMENDIKBUD KELAS IX SEMESTER 1 MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

SHABRINA, VANIA ULFA and Ringki, Agustinsa and Teddy, Alfra Siagian (2022) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA TERBITAN KEMENDIKBUD KELAS IX SEMESTER 1 MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THesis] Archive (THesis)
Vania Ulfa Shabrina_A1C017016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Analisis Tingkat Kognitif Soal pada Buku
Matematika Terbitan Kemendikbud Kelas IX
Semester 1 Materi Kekongruenan dan
Kesebangunan Berdasarkan Taksonomi Bloom
Revisi. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.
Pembimbing Utama Ringki Agustinsa S.Pd.,M.Pd.,
dan Pembimbing Pendamping Teddy Alfra Siagian,
S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan
uji kompetensi materi kekongruenan dan kesebangunan pada buku teks
matematika kelas IX semester 1 terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018
berdasarkan taksonomi bloom revisi. Taksonomi bloom yang digunakan ialah
pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari mengingat (C1), memahami (C2),
mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Sumber data penelitian adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi
kekongruenan dan kesebangunan kelas IX. Soal-soal latihan yang dianalisis
berjumlah 78 pertanyaan dan soal uji kompetensi berjumlah 56 pertanyaan. Pada
soal latihan memuat tingkat kognitif soal Mengingat (C1) sebanyak 7 pertanyaan
(9%), Memahami (C2) sebanyak 29 pertanyaan (39,3%), Mengaplikasikan (C3)
sebanyak 35 pertanyaan (44,9%), Menganalisis (C4) sebanyak 7 pertanyaan (9%),
serta tidak ditemukannya tingkat kognitif Mengevaluasi (C5) dan mencipta
(C6).Sedangkan pada soal uji kompetensi memuat tingkat kognitif soal Mengingat
(C1) sebanyak 3 pertanyaan (5,3%), Memahami (C2) sebanyak 21 pertanyaan
(37,1%), Mengaplikasikan (C3) sebanyak 29 pertanyaan (51,8%), dan
Menganalisis (C4) sebanyak 2 pertanyaan (3,6%) serta tidak ditemukannya
tingkat kognitif Mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).
Kata Kunci: Buku Teks Matematika, Soal , Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: Oka Ariani S.IPust
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:59
Last Modified: 11 Nov 2025 02:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31482

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini