Mariani, Mariani and Bambang, Sahono and Turdjai, Turdjai (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 1 Kikim Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
demonstrasi berbasis tugas dan mendeskripsikan efektivitas penerapan
metode demonstrasi berbasis tugas untuk meningkatkan kreativitas dan
prestasi belajar pada mata pelajaran Kimia kelas X SMA Negeri 1 Kikim
Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA
Negeri 1 Kikim Timur semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa
untuk kelas PTK berjumlah 36 orang, untuk kelas eksperimen berjumlah 36
orang, dan untuk kelas kontrol berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi metode
demonstrasi berbasis tugas, lembar observasi kreativitas, dan test hasil
belajar. Analisis data menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-test yang
terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak
berhubungan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode
demonstrasi berbasis tugas dapat meningkatan kreativitas, prestasi belajar
dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia kelas
X SMA Negeri 1 Kikim Timur.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi Berbasis Tugas, Kreativitas dan Prestasi
Belajar.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 04:05 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 04:05 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31573 |

