STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MIKRO “IKAN KERING DI KOTA BENGKULU”

Siadari, Mawar and Azansyah, Armelly (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MIKRO “IKAN KERING DI KOTA BENGKULU”. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Mawar Siadari C1A016025 (Skripsi).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Strategi pengembangan usaha kecil mikro ikan kering merupakan serangkaian
kegiatan dalam mengambil keputusan dengan menganalisis faktor-faktor strategi
yang baik dalam faktor dari luar (eksternal) maupun dari dalam (internal). Dari data
perkembangan produksi usaha kecil mikro ikan kering di Kota Bengkulu menunjukan
bahwa usaha tersebut berponsi dapat dikembangkan.
Dari data yang diketahui bahwa kota Bengkulu termasuk wilaya penghasil
produksi subsektor perikanan terbesar perkabupaten/kota di Provinsi Bengkulu
dengan total produksi perikanan laut sebesar 24. 259,30 ton. Namun data pengolahan
ikan kering dari tahun 2015-2019 menunjukan mengalami penurun, dimana
penurunan terbesar yang terjadi pada tahun 2019 sebesar 9.084. Maka dengan begitu
perlu adanya strategi pengembangan usaha kecil mikro ikan kerig di Kota Bengkulu.
Tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
pengembangan usaha kecil mikro ikan kering. Dalam Penelitian ini data yang
digunakan adalah data primer. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi
pengembangan usah kecil mikro ikan kering di Kota Bengkulu dengan pendekatan
SWOT yang didefinisikan oleh Freddy Rangkuti, menganalisis faktor internal dan
eksternal.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam analisis matriks
SWOT maka strategi pengembangan usaha kecil mikro ikan kering di Kota
Bengkulu: 1. mempertahankan dan memanfaatkan kualitas bahan baku yang baik
dengan cara membuat inovasi atau varian baru untuk olahan ikan kering seperti
membuat ikan salai dengan cara pengasapan. Varian baru ini nanti nya yang berguna
untuk mengatasi fluktuasi harga dan ancaman yang terbesar yaitu tingginya pemasok
ikan kering dari kota lain. 2. Memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang bagaimana
cara memasarkan hasil produksi olahan ikan kering ke masyarakat luas seperti
dengan cara memasarkan melalui media sosial. Maka dengan begitu akan lebih
memudahkan pengusaha dalam memasarkan ikan kering ke masyarakat luas dengan
begtiu akan mengurangi ancaman yang dihadapi oleh pengusaha ikan kering di Kota
Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 12 Nov 2025 20:56
Last Modified: 12 Nov 2025 20:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31651

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini