WAHYUNI, SRI UTAMI DWI and Rambat, Nur Sasongko and Aliman, Aliman (2020) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI STANDAR SARANA DAN PRASARANA MATA PELEJARAN IPA (Studi Deskriptif Evaluatif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Bengkulu Utara). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
THESISI FIXX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Rumusan masalah umum dalam penelitian ini adalaha Apakah standar
sarana dan prasarana mata pelajaran IPA dilaksanakan efektif di SMPN 02
Bengkulu Utara. Rumusan masalah khusus adalah apakah standar pembelajaran
IPA dilaksanakan efektif di SMPN 02 Bengkulu Utara, apakah standar peralatan
pendidikan untuk mata pelajaran IPA dilaksanakan secara efektif di SMPN 02
Bengkulu Utara, apakah standar buku dan sumber pembelajaran mata pelajaran
IPA yang dilaksanakan efektif di SMPN 02 Bengkulu Utara, apakah standar
ruang perustakaan dilaksanakan efektif untuk mata pelajaran IPA di SMPN 02
Bengkulu Utara, apakah standar ruang pendidikan dilaksanakan efektif di SMPN
02 Bengkulu Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah standar sarana dan
prasarana mata pelajaran IPA dilaksanakan efektif di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 02 Bengkulu Utara pada tahun 2019. Hal tersebut meliputi standar
pembelajaran, peralatan pendidikan, buku dan sumber pembelajaran, ruang
perpustakaan, dan ruang pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif evaluatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
observasi, angket/kuesioner, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik
analsis data yang digunakan adalah analisis evaluatif kuantitatif, peneliti langsung
bertindak sebagai instrumen penelitian, karena penelitian ini sebagai penelitian
kualitatif.
Hasil penelitian Pertama, standar pembelajaran IPA di SMPN 02
Bengkulu Utara telah dilaksanakan secara efektif. Hal tersebut terlihat dari
perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh tenaga pendidik mata pelajaran IPA
yang didalamnya telah mencakup standar isi IPA. Perangkat pembelajaran
tersebut meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, program
semester, program tahunan, kriteria ketuntasan minimal (KKM), program
evaluasi, program remedial, dan program pengayaan. Pembelajaran IPA yang
terapkan di SMPN 02 Bengkulu Utara dilaksanakan secara inquiri ilmuah
(Scientific inquiri) yang nantinya siswa diharapkan dapat menumbuhkan
kemanpuan berpikir, bekerja dan bersikap secara ilmiah dan
mengkomunikasikannya sebagai salah satu aspek dalam kecakapan hidup.
SMPN 02 Bengkulu Utara menggunakan kurikulum 2013 dalam proses
pelaksanaan pembelajaran. Sehingga standar kompetensi dan kompetensi dasar
pembelajaran mata pelajaran IPA yang digunakan mengacu pada standar
kompetensi yang terdapat dalam kurikulum 2013.Seluruh tenaga pendidik mata pelajaran IPA yang mengajar di SMPN 02
Bengkulu Utara telah dilatih dalam pelatihan penerapan kurikulum 2013 untuk
tingkat SMP dan telah memiliki sertifikat pendidik.
Kedua, SMPN 02 Bengkulu Utara telah memiliki alat yang akan
digunakan oleh siswa-siswi sudah ada dan bisa digunakan apabila diperlukan
dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Contohnya seperti Meja,
kursi, wastapel, rangka tubuh manusia, neraca, timbangan, globe, poster, besi ,
magnet dan kelengkapan administrasi lainnya.
Ketiga, SMPN 02 Bengkulu Utara telah memiliki buku dan sumber
pembelajaran yang telah tersedia diperpustakaan sekolah dan bisa digunakan pada
kegiatan belajar-mengajar mata pelajaran IPA seperti buku cetak, majalah, koran,
poster yang berkaitan dengan Mata pelajaran IPA. Selain dari itu, sekolah telah
mempersiapkan jaringan internet guna mengakses segala kubutuhan yang
diperlukan baik guru maupun siswa guna menunjang sumber informasi dan materi
dalam proses pembelajaran.
Keempat, SMPN 02 Bengkulu Utara telah memiliki ruang perpustakaan
yang banyak menyimpan buku-buku pelajaran IPA yang dapat menunjang pada
proses kegiatan belajar mengajar. Buku-buku tersebut meliputi buku guru, buku
siswa, dan buku-buku pengayaan untuk mata pelajaran IPA yang sebagian besar
merupakan buku terbitan terbaru yang diproleh sekolah dari dana Bantuan
Oprasional Sekolah (BOS). Selain dari itu, Perpustakaan di SMPN 02 Bengkulu
Utara juga telah menyiapkan rak dan lemari khusus untuk buku-buku mata
pelajaran IPA dan tersusun dengan rapi dan sistematis yang diperuntukkan agar guru dan siswa mudah untuk menemukan buku referensi yang sesuai dengan
materi yang akan dipelajari.
Kelima, SMPN 02 Bengkulu Utara telah memiliki ruang pendidikan
seperti laboratorium IPA yang berukuran 6x8 m2 dan sudah Memiliki petugas
laboratorium yang benar-benar ahli sesuai dengan bidangnya yang bernama
Deswita. Fasilitas ruang pensisikan yang terdapat dalam laboratorium IPA Juga
dilengkapi dengan Meja, kursi, wastapel, rangka tubuh manusia, kerangka Hati,
Kerangka Otak manusia, kerangka mata, anggota tubuh lainnya. Dilaboratorium
IPA SMPN 02 Bengkulu Utara juga memiliki neraca, timbangan, microsekerup,
teleskop, mikroskop, globe, poster, besi dan magnet, zat-zat kimia yang akan
digunakan ketika siswa-siswi akan melakukan praktikum IPA.
Simpulan Pertama, standar pembelajaran IPA telah implementasikan
dengan efektif. Hal tersebut terlihat dari hasil penelitian yang telah sesuai dengan
standar pembelajaran IPA yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Permen No.
24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah.
Kedua, standar peralatan pendidikan untuk mata pelajaran IPA telah
dilaksanakan secara efektif. Hal tersebut terlihat dari hasil penelitian yang
diperoleh telah mencukupi standar yang di tetapkan oleh pemerintah dalah
Permen No. 24 tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah.
Ketiga, standar buku dan sumber pembelajaran IPA telah dilaksanakan
efektif . hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang diperoleh telah
memenuhi standar buku dan sumber belajar yang di tetapkan BSNP.Keempat, standar ruang perpustakaan dilaksanakan secara efektif untuk
mata pelajaran IPA. Ruang perpustakaan yang ada dibuat sesuai dengan ketentuan
yang ada dalam Permen No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana
sekolah.
Kelima, standar ruang pendidikan dilaksanakan efektif. Ruang pendidikan
yang digunakan untuk mata pelajarn IPA yaitu ruang kelas dan laboratorium.
Kondisi rung kelas dan laboratorium sangat kondusif dan sesuai dengan standar
yang ada dalam Permen No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana
sekolah.
Saran pertama, Bagi kepala sekolah SMP Negeri 02 Bengkulu Utara
hendaknya selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan serta
menumbuhkan sikap sadar warga sekolah tentang rasanya memiliki terhadap
sarana dan prasarana.
Kedua, bagi guru Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 02 Bengkulu Utara
yang merupakan pelaksanaan dan pengguna sarana dan prasarana pembelajaran
hendaknya selalu menjaga dan merawat peralatan pendidikan dengan rasa
tanggungjawab yang sama, sehingga peralatan pendidikan dapat selalu siap pakai.
Ketiga, agar guru dan siswa dapat memanfaatkan buku dan sumber-
sumber belajar yang telah tersedia, dan guru serta siswa harus mempunyai rasa
memiliki agar buku dan sumber-sumber belajar dapat terjaga.
Keempat, bagi Guru dan Pustakawan di SMP Negeri 02 Bengkulu Utara
agar dapat menyediakan referensi-referensi yang memiliti tingkat keilmuan lebih
tinggi sehingga siswa-siswi dapat memperoleh beragam sumber pengetahuan. Kelima, agar guru dan siswa dapat menjaga kondisi ruang pendidikan agar
tetap bersih dan nyaman sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara
efektif dan efisien.
Kata Kunci : Efektifitas, Implementasi, Standar
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:23 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:23 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31722 |

