SATRIA, MALVINAS RAHMAN NUR BUDI and Aliman, Aliman and Sumarsih, Sumarsih (2020) ANALISIS MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Tesis Komp. Sosial Helmi revisi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan umum penelitian ini adalah Bagaimanakah Analisis
model pendidikan karakter religius pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Lebong?. Dan
Permasalahan khusus difokuskan pada apa saja program pendidikan karakter
religius, bagaimana pelaksanaan dan bagaimana model pendidikan karakter
religius pada MAN 1 Lebong.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis model
pendidikan Karakter religius pada MAN 1 Lebong. Secara khusus penelitian ini
bertujuan Mendeskripsikan program kegiatan, pelaksanaannya dan model
pendidikan karakter religius yang diterapkan pada MAN 1 Lebong.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, tehnik pengumpulan
data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi, sebagai subjek penelitian
adalah Kepala Madrasah, Guru (Guru Pendidikan Agama Islam, Bimbingan
Konseling, maupun guru yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala,
maupun pembina Ekstrakurikuler) dan siswa, sedangkan tehnik analisa data
berdasarkan teori Miles dan Huberman dengan tahapan Data Reduction, Data
Display, dan Conclusion Drawing/Verification.Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: Pertama; Program
pendidikan karakter religius yang dilaksanakan di MAN 1 Lebong yaitu
pembelajaran di dalam Kelas, Masa Orientasi Sekolah (MOS), Ceramah Agama
pada Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Kajian Keputrian, Muhadaroh, Shalat
Dhuha, Dzuhur dan Ashar berjamaah, Shalat Jum’at dan Safari Jum’at, Malam
Bina Iman dan Taqwa (MABIT), Qurban, Safari Ramadhan, Pemutaran Lagu
Islami pada saat Istirahat, Berpakaian Islami, pembacaan do’a pada saat memulai
dan mengakhiri pelajaran, bersih diri dan lingkungan. Secara keseluruhan program
tersebut diadopsi dari Sembilan nilai-nilai Ketaqwaan, Kejujuran, keikhlasan,
Kesopanan, tolong-menolong, Kesetaraan, Kebersihan, Kompetitif dan
Kepemimpinan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist, Tradisi Turun-
temurun dari Pendahulu dan dari Pemerintah baik Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan dan Kementerian Agama, dan keseluruhan program disusun secara
sistematis oleh seluruh pihak madrasah pada setiap Tahun Pelajaran Kedua;
pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter Religius pada MAN 1 Lebong
dilaksanakan melalui pemberian Pemahaman secara teoritis, praktek pelaksanaan
Ibadah maupun penanaman sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai
religius, dengan melibatkan seluruh warga madrasah, mulai dari Kepala
Madrasah, Dewan Guru baik yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala,
maupun Guru Mata Pelajaran, Guru Pembina, Bimbingan Konseling, serta
Penerapan Disiplin melalui peraturan dan Tata tertib bagi siswa Ketiga;
Pendidikan karakter Religius pada MAN 1 Lebong menggunakan model
terintegrasi ke dalam kegiatan Intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa model Pendidikan karakter
religius pada MAN 1 Lebong belum maksimal, Capaian karakter religius pada
siswa-siswi masih sebatas pada Moral Knowing, Moral feeling dan belum secara
keseluruhan tercapai Moral Doing.
Berdasarkan hasil penilitian dan penarikan kesimpulan, peneliti
memberikan saran agar MAN 1 Lebong mengupayakan peningkatan kualitas
pendidikan karakter religius bagi siswa melalui pengintegrasian karakter religius
dalam kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler maupun dalam pembiasaan
menggunakan prinsip-prinsip Penguatan Karakter religus yang lebih efektif.
Kata Kunci : Analisis Model, Pendidikan karakter religius
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:04 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:04 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31733 |

