Ariani, Asti and Wahyu, Widada and Dewi, Herawaty (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS ASTI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
ujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar matematika berbasis
pendekatan pembelajaran saintifik yang valid, praktis, dan efektif serta dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika
peserta didik MTsN 1 Seluma Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan, melalui lima fase, yaitu investigasi awal,
perancangan, realisasi/kostruksi, tes/evaluasi & revisi, dan dan implementasi.
Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Seluma Kabupaten Seluma pada
semester Genap 2019/2020 dengan menerapkan desain faktorial 2 x 2.
Instrumen penelitian ini adalah Lembar Validasi, Lembar Kepraktisan, dan
Lembar Efektivitas. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan
inferensial. Statistika inferensial untuk menguji hipotesis melalui Anakova.
Hasil penelitian ini adalah buku ajar matematika berbasis pendekatan
pembelajaran saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Pembelajaran
menggunakan buku ajar matematika berbasis pendekatan pembelajaran
saintifik berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan
lebih baik dari pembelajaran konvensional setelah mengontrol kemampuan
awal peserta didik. Pembelajaran menggunakan buku ajar matematika
berbasis pendekatan pembelajaran saintifik berpengaruh positif terhadap
kemampuan komunikasi matematika dan lebih baik dari pembelajaran
konvensional setelah mengontrol kemampuan awal peserta didik. Simpulan
penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan buku ajar matematika
berbasis pendekatan pembelajaran saintifik layak menggantikan
pembelajaran konvesional karena buku ajar matematika berbasis pendekatan
pembelajaran saintifik valid, praktis, dan efektif. Buku ajar matematika
berbasis pendekatan pembelajaran saintifik berpengaruh positif terhadap
kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika peserta didik
serta lebih baik dari pembelajaran konvensional setelah mengontrol
kemampuan awal peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran saintifik, kemampuan pemecahan masalah,
kemampuan komunikasi matematika.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 08:06 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 08:06 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31789 |

