PENGARUH WATERPARK IMAGE DAN PRICE FAIRNESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Empiris pada Konsumen Wahana Surya Bengkulu)

Anggriani, Fedyah and Fachri, Eka Saputra (2020) PENGARUH WATERPARK IMAGE DAN PRICE FAIRNESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Empiris pada Konsumen Wahana Surya Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI FEDYAH ANGGRIANI_C1B016010_.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Indutri Pariwisata Dunia saat ini semakin pesat yang dapat dilihat dari jumlah
kunjungan wisatawan internasional yang mengakibatkan tingginya tingkat
persaingan, seperti adanya globalisasi yang menimbulkan pergeseran nilai budaya
dari masyarakat sosial menjadi cenderung individual. Penelitian ini dilakukan
untuk meneliti (1) Apakah waterpark image berpengaruh terhadap price fairness,
(2) Apakah waterpark image berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (3)
Apakah price fairness berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (4) Apakah
waterpark image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, (5) Apakah price
fairness berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, (6) Apakah kepuasan
pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Peringkat daya saing pariwisata Indonesia mengalami peningkatan. Berdasarkan
data The Travel and Tourism Competitiveness Index yang dilansir Word Economic
Forum 2019, daya saing pariwisata Indonesia meningkat ke peringkat 40 dari 42
tahun sebelumnya. Untuk faktor harga, Indonesia dipandang sebagai destinasi
value for money.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,
dimana terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dengan cara
melakukan penyebaran kuesioner online melalui media sosial untuk mendapatkan
informasi dari responden. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan
Wahana Surya Bengkulu. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik
Purposive Sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 200
responden, kemudian data yang dapat diolah hanya 136 responden. Sedangkan 64
responden tidak dapat diolah karena tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan.
Alat analisis yang digunakan yaitu SmartPLS 3.2.8.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) waterpark image berpengaruh positif
terhadap price fairness, yang berarti semakin tinggi image wisata waterpark
Wahana Surya maka tingkat kewajaran harga akan semakin tinggi juga. (2)
waterpark image berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, yang berarti
semakin tinggi image wisata waterpark Wahana Surya maka tingkat kepuasan
pelanggan akan semakin tinggi. (3) price fairness berpengaruh positif terhadap
kepuasan pelanggan, yang berarti semakin tinggi tingkat kewajaran harga
Waterpark Wahana Surya maka semakin tinggi pula kepuasan pelanggan. (4)
waterpark image berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, yang berarti
semakin tinggi image waterpark Wahana Surya maka akan semakin tinggi
loyalitas pelanggan karena pelanggan akan loyal untuk menggunakan jasa
waterpark Wahana Surya dengan layanan dan fasilitas yang diberikan. (5) price
fairness berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, yang berarti semakin
sesuai tingkat kewajaran harga waterpark Wahana Surya maka akan semakin
tinggi loyalitas pelanggan. (6) Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan
pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada penelitian ini
ditolak. Hasil temuan ini menunjukan bahwa pelanggan tidak puas akan fasilitas
yang diberikan waterpark Wahana Surya sehingga menyebabkan pelanggan tidak
loyal.
Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literatur tentang Loyalitas
Pelanggan dan menyarankan kepada pemilik perusahaan waterpark Wahana
Surya untuk lebih memperhatikan kepuasan pelanggan, kewajaran harga, dan
image wisata agar dapat meminimalisir dampak yang disebabkan oleh hal-hal
yang tidak diharapkan seperti pelanggan akan berpaling ke wisata lain. Pada
penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam mengenai loyalitas pelanggan
untuk menggunakan jasa wisata.
Kata Kunci: Waterpark Image, Price Fairness, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas
Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:53
Last Modified: 13 Nov 2025 08:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31803

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini