Asmarni, Yenny and Alexon, Alexon and Safnil, Safnil (2020) APPLYING THIEVES STRATEGY TO IMPROVE THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE NINTH GRADE OF SMPN 13 NORTH BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Membaca sebagai keterampilan bahasa dasar menjadi keterampilan
penting dalam kehidupan akademik dan sosial. Khususnya di sekolah,
guru perlu memperkaya strategi dalam proses belajar mengajar. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peningkatan pemahaman
bacaan siswa kelas IX (IXC) SMPN 13 Bengkulu Utara, 2) beberapa faktor
yang mempengaruhi perubahan pemahaman bacaan siswa kelas XI (IX
C). ) SMPN 13 Bengkulu Utara. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini
melibatkan 25 siswa kelas IX SMPN 13 Bengkulu Utara. Peneliti
menggunakan data kuantitatif dan kualitatif untuk menyelidiki peningkatan
pemahaman membaca siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi
perubahan pemahaman bacaan siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes
pemahaman bacaan, daftar periksa observasi dan catatan lapangan, serta
wawancara. Berdasarkan hasil tes, persentase siswa yang mencapai
kriteria berhasil meningkat dari 8% pada data baseline menjadi 80% pada
akhir penelitian. Artinya, penerapan strategi Thieves meningkatkan
pemahaman membaca siswa dan dipengaruhi oleh faktor siswa
(perhatian, minat dan partisipasi) dan faktor guru (memperkaya materi dan
pengelolaan kelas).
Kata Kunci : Membaca, Pemahaman Membaca, Strategi THIEVES.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of English Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 04:15 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 04:15 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31831 |

