STRATEGI PROMOSI WISATA DINAS PARIWISATA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

SAPUTRA, ANDREAN and Djonet, Santoso and Anita, Marianata (2023) STRATEGI PROMOSI WISATA DINAS PARIWISATA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_ANDREAN SAPUTRA_D1D019072-1 - Chintiya Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Promosi merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan daerah yang mengembangkan potensi pariwisata
dan gencar memasarkan potensi wisata yang dimiliki, dari pembangunan sarana dan
prasarana penunjang pariwisata, hingga penyelenggaraan event tahunan. Namun, strategi
promosi wisata Dinas Pariwisata belum maksimal dengan jumlah kunjungan wisatawan
yang belum stabil dan hanya ramai pada waktu tertentu, maka tujuan penelitian untuk
memberikan penilaian serta mendeskripsikan strategi promosi wisata yang dilakukan Dinas
Pariwisata Bengkulu Tengah melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan bauran
promosi dari Kotler (2005:264) yaitu periklanan, promosi penjualan, dan hubungan
masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif berfungsi
memberikan gambaran tentang masalah penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisa menggunakan SWOT untuk
melakukan evaluasi strategi promosi wisata Dinas Pariwisata Bengkulu Tengah.
Berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal, ditemukan kekuatan dan
kelemahan dari setiap bauran promosi wisata, serta didapatkan juga peluang dan ancaman
didalam bauran promosi wisata. Berdasarkan hasil penelitian melalui IFAS dan EFAS
didapatkan posisi Dinas Pariwisata Bengkulu Tengah dalam promosi wisata berada pada
kuadran 3, yaitu Strategi W-O sehingga disarankan mengambil strategi turn-around dengan
memanfaatkan peluang yang ada untuk meminimalkan masalah-masalah internal.
Kemudian, strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata melalui ketiga elemen bauran
pemasaran yaitu Periklanan, Promosi Penjualan, dan hubungan masyarakat sudah mampu
meningkatkan kunjungan wisatawan namun belum maksimal karena belum menstabilkan
jumlah kunjungan wisatawan. Dari elemen bauran pemasaran yang paling menonjol dalam
meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu periklanan dan promosi penjualan.
Kata Kunci: Promosi, Strategi Promosi, Kunjungan Wisatawan, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:02
Last Modified: 18 Nov 2025 02:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31924

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini