Saputra, Fangki Isha and Redy , Badrudin and Sriyoto, Sriyoto (2007) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GRAMOXONE SEGMEN PETANI LAHAN SAWAH DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Pertanian UNIB.
![I,II,III-FAN-FP.pdf [thumbnail of I,II,III-FAN-FP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-FAN-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
![IV,V,VI-FAN-FP.pdf [thumbnail of IV,V,VI-FAN-FP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,VI-FAN-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
PT Syngenta perwakilan Bengkulu adalah perusahaan agroindustri hulu yang
menyalurkan herbisida di Bengkulu. Salah satu produk andalannya di daerah Kabupaten
Bengkulu Selatan adalah herbisida merek Gramoxone.
Persaingan dalam bidang usaha yang terbuka merupakan suatu yang wajib terjadi
dan akan dialami oleh suatu perusahan. Demikian pula PT Syngenta perwakilan
Bengkulu menghadapi persaingan dunia usaha, untuk mencapai target pemasaran yang
ada di daerah Kabupaten Bengkulu Selatan maka PT Syngenta perwakilan Bengkulu
harus mempunyai strategi pemasaran yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang
diterapkan oleh PT Syngenta perwakilan Bengkulu dan menyusun strategi bauran
pemasaran herbisida Gramoxone kedepan di Kabupaten Bengkulu Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan di PT Syngenta perwakilan Bengkulu pada daerah
Kabupaten Bengkulu Selatan dengan sengaja. Metode penelitian yang digunakan adalah
survei dan populasi adalah petani lahan sawah dengan metode pengambilan sampel
menggunakan cluster sampling. Sampel yang diambil berjumlah 96 orang. di Kecamatan
Kedurang 48 orang dan di Kecamatan Seginim 48 orang. Metode analisa data adalah
menggunakan analisis deskriptif untuk penentuan strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada PT
Syngenta perwakilan Bengkulu yang telah dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bengkulu
Selatan adalah kemasan 1 liter dan 20 liter. Harga Gramoxone untuk ukuran 1 liter harga
Rp. 40.000 dan ukuran 20 liter 790. 000 harga. Penggunaan radio spot, pemberian
hadiah pada promosi penjualan dipasar/ pekan, insentif 1-1,5 % untuk toko retailer,
demplot, temu tani, roadshow. Distribusi dengan penunjukkan kontrak distributor,
pemberian diskon tertentu terhadap distrubutor dan penghargaan terhadap distributor.
Strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada PT Syngenta perwakilan Bengkulu
di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan adalah Gramoxone kemasan 1 liter yang ada
dipertahankan dan memperhatikan atribut daya berantas dan keunggulan. Harga
Gramoxone dipertahankan dengan memperkuat penjelasan akan nilai manfaat produk
terhadap harga dan beri kompensasi. Peningkatkan promosi dengan cara, perbanyak jam
siar iklan di radio (RRI), perbanyak penyebaran brosur, leaflet dan sejenisnya.
Memberikan potongan tunai, pemberian hadiah langsung. Pengaktifan petugas lapangan,
temu tani, farm-to farm, pelatihan dan pembinaan petani, roadshow, pemberian
beasiswa, sponsor kegiatan olahraga, peberian penghargaan petani teladan. Promosi
penjualan lebih banyak difokuskan ke wilyah non ibukota dan pasar. Memperkuat
hubungan dengan retailer dan distributor serta pemberian insentif dan penempatan
produk yang tepat diretailer.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | 013 Rizky Septika Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 08:59 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 08:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3342 |