APLIKASI PEMROGRAMAN DINAMIS PADA PENJADWALAN MATA KULIAH DENGAN PENDEKATAN INTEGER KNAPSACK

Sari, Yanita and Yulian, Fauzi and Fanani, Haryo Widodo (2009) APLIKASI PEMROGRAMAN DINAMIS PADA PENJADWALAN MATA KULIAH DENGAN PENDEKATAN INTEGER KNAPSACK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

[thumbnail of Skripsi_Yanita Sari.pdf] Text
Skripsi_Yanita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (666kB)

Abstract

Penjadwalan mata kuliah merupakan salah satu kegiatan rutin yang
dilakukan universitas setiap semesternya. Pembuatan jadwal mata kuliah harus
memperhatikan aturan akademik dan prinsip-prinsip yang terkait dengan
penjaminan mutu akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan solusi
optimal penjadwalan mata kuliah di Program Studi Matematika menggunakan
pendekatan pemrograman dinamis sebagai suatu permasalahan knapsack. Setiap
mata kuliah yang dijadwalkan harus mempertimbangkan sejumlah komponen
yang terdiri atas mahasiswa, dosen, ruang kelas, dan bidang akademik dengan
sejumlah batasan tertentu. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk
menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah adalah metode pemrograman
dinamis. Dalam proses penyelesaiannya, masalah penjadwalan mata kuliah dapat
dipandang sebagai suatu permasalahan knapsack. Implementasi metode
pemrograman dinamis dilakukan pada kasus penjadwalan mata kuliah semester
ganjil di Program Studi Matematika Fakultas MIPA Universitas Bengkulu. Dari
51 mata kuliah yang ditawarkan, dibentuk suatu formulasi model umum masalah
penjadwalan mata kuliah dengan pendekatan model integer knapsack. Selanjutnya
model diselesaikan dengan pemrogaman dinamis maju. Metode penyelesaian
dilakukan dengan menerapkan persamaan rekursif untuk mendapatkan nilai yang
mampu memberikan solusi panjadwalan yang paling optimum. Dengan
pemrograman dinamis maju diperoleh solusi penjadwalan mata kuliah yang
efektif dan efisien dimana terjadi kombinasi terbaik untuk pasangan mata kuliah
dan dosen pengajar secara keseluruhan, kemerataan distribusi mengajar setiap
dosen, kemerataan distribusi kuliah setiap mahasiswa, tidak ada permasalahan
bentrokan jadwal kuliah, serta ketersediaan ruang yang cukup untuk menampung
seluruh mata kuliah yang ada.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:00
Last Modified: 05 Dec 2013 09:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item
View Item