STRATEGI PENGAJARAN PUISI DI KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI 69 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007

yunarti, tri and Ariesta, Ria and Agustina, Emi (2007) STRATEGI PENGAJARAN PUISI DI KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI 69 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006/2007. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-TRY-FKIP.pdf] Text
I,II,III-TRY-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (540kB)
[thumbnail of IV,V-TRY-FKIP.pdf] Text
IV,V-TRY-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai
aktivitas guru dan siswa kelas Vc SD Negeri 69 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui
dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai strategi yang digunakan pada pengajaran
puisi di kelas Vc SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru yang mengajar bahasa dan sastra
Indonesia kelas Vc serta siswa kelas Vc yang belajar bahasa dan sastra Indonesia. Teknik
yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, rekaman,
dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis melalui langkah-langkah (1) transkripsi data, (2) Klasifikasi data, (3) sajian data, (4) penyimpulan data. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa strategi pengajaran puisi di kelas Vc ini
hanya mengacu pada satu strategi saja, yakni strategi strata. Dan masih ada strategi-
strategi yang tidak digunakan oleh guru, selain itu masih ada kegiatan yang belum
terlaksana, seperti pada kegiatan awal, guru belum melakukan tes awal, mengemukakan
tujuan pembelajaran dan menjelaskan langkah kerja siswa,. Pada kegiatan inti sudah
terlaksana dengan lancar karena pada kegiatan ini siswa terlibat langsung pada
pembelajaran, namun masih juga terdapat kekurangan, misalnya dengan pemilihan metode, media masih kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa merasa bosan. Pada
kegiatan akhir guru telah menyimpulkan pelajaran dan terkadang guru juga memberikan
tindak lanjut kepada siswa, agar siswa dapat belajar lagi di rumah dan guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam. Guru juga melakukan penilaian berupa
penugasan, seperti mengerjakan latihan dan unjuk kerja, seperti siswa disuruh
membacakan puisi ke depan kelas.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:00
Last Modified: 05 Dec 2013 10:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item
View Item