Erwinda, Yulita and Kahar, Hakim and Mirza, Yasben (2009) ANALISIS PEMBERIAN INSENTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.
![YULITA ERWINDA.pdf [thumbnail of YULITA ERWINDA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YULITA ERWINDA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (960kB)
Abstract
Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia masih sangat memprihatinkan, hal ini dapat
dilihat dari hasil riset UNDP yang menempatkan Kualitas Sumber Daya Manusia
Indonesia pada peringkat ke-100 dari 172 Negara. Dapat diasumsikan bahwa penyebab
rendahnya kualitas Sumber daya Manusia di Indonesia diakibatkan karena tidak adanya
kegairahan dan penyemangat yang dapat memotivasi para pegawai. Rendahnya gairah
kerja dan motivasi bagi para pegawai dapat berdampak pada rendah kualitas pelayanan.
Hal ini dapat dilihat dari adanya indikasi masyarakat masih tetap memberikan ‘uang
rokok’ atau biaya ekstra baik itu atas inisiatif dari penerima maupun penyedia layanan
dan penggunaan jasa perantara setiap berhubungan dengan pejabat birokrasi untuk
mengurus pelayanan terutama pelayanan sertifikasi tanah. Ini terjadi karena ketidak
mampuan sebagian besar masyarakat untuk memenuhi ‘aturan main’ yang dibuat oleh
birokrasi ketika mengurus suatu pelayanan. Guna peningkatan kualitas Pelayanan
pegawai, pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang telah berupaya semaksimal
mungkin, salah satunya dengan cara pemberian insentif. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dampak Pemberian Insentif Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan
di Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang.Adapun metode dalam penelitian ini adalah
memakai metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang subyek penelitiannya
adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang dan masyarakat pemohon sertifikat
tanah hak milik. Dalam menentukan informannya menggunakan teknik purposive
sampling, dimana yang menjadi sampelnya disini adalah 6 orang petugas penerbit
sertifikat tanah dan 10 orang masyarakat pemohon sertifikat tanah hak milik dari
beberapa profesi berbeda. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa pemberian insentif Kantor Pertanahan
Kabupaten Kepahiang sudah efektif, dilihat dari faktor keadilan dan kelayakan
pembayaran. Tingkat kehadiran pegawai tinggi Namun pegawai menyelesaikan
pekerjaannya tidak tepat sesuai dengan SPOPP namun pegawai tetap memberikan
kepastian waktu penyelesaian meski tidak sesuai dengan SPOPP. target tidak tercapai
dalam kuantitas, namun kualitas sertifikat yang diterbitkan baik. Walau Prosedur tidak
sederhana, namun kinerja yang ditunjukkan oleh pegawai dapat dikatakan cukup baik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 08:28 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 08:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3620 |