Yulyanti, Siska and Dedi, Supriyadi and Lamhir , Syam Sinaga (2009) ANALISIS HAK JAWAB HUMAS DALAM MENAGGAPI BERITA DI SURAT KABAR UNTUK MENIGKATKAN CITRA PEMDA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.
![SISKA YULYANTI-2.pdf [thumbnail of SISKA YULYANTI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SISKA YULYANTI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Berawal dari tujuan Humas yaitu untuk menciptakan, memelihara, meningkatkan citra
yang baik dari organisasi kepada publik yang disesuaikan dengan kondisi-kondisi
daripada publik yang bersangkutan, dan memperbaiki jika citra itu menurun atau rusak.
Hal ini yang mendorong Humas untuk melakukan upaya untuk berusaha mendapatkan
dan menambah goodwill untuk lembaganya dan untuk membela diri terhadap berita dan
pendapat masyarakat yang dapat berdampak negatif menjadi berita atau pendapat yang
favourable/menguntungkan tentang lembaga bersangkutan. Upaya Humas ini dapat
dilakukan dengan menggunakan hak jawab yang mana hak jawab ini tercantum dalam
Undang-Undang Pers No. 40 Tahun 1999 Pasal 5 ayat 2 yang tercantum dalam
kewajiban pers yaitu pers wajib melayani hak jawab. Hak jawab adalah hak seseorang
atau sekelompok orang untuk menjawab atau menyanggah suatu peristiwa fakta yang
dapat merugikan nama baiknya. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil fokus
penelitian pada Humas Pemerintah Daerah Kab.Bengkulu Utara. Metode penelitian yang
peneliti gunakan yaitu studi kasus pada pemberitaan konflik tapal batas BU-Lebong
dengan melakukan uji keabsahan data. Selain itu data dan informasi yang peneliti
kumpulkan dari dokumentasi berupa guntingan koran yang berisikan berita awal dan
jawaban berita Humas terkait dengan kasus ini, serta beberapa informan yang sengaja
peneliti wawancara untuk memperkuat data yaitu melalui teknik wawancara mendalam.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Humas Pemda B/U sudah melaksanakan hak
jawab dengan baik. Sebagai juru bicara pemerintahan Humas telah memenuhi beberapa
unsur dalam pedoman hak jawab berita yaitu : berita dijawab setelah dievaluasi bahwa
berita ini dapat menimbulkan dampak yang negatif untuk Pemda, berita dijawab dua hari
setelah berita awal terbit, jawaban berita dilakukan secara tertulis dengan mengirimkan
Press Release kepada media yang bersangkutan, penanggungjawab berita tercantum
secara jelas, jawaban berita di dilengkapi data-data pendukung. Disamping itu masih ada
beberapa unsur yang belum terpenuhi yaitu jawaban berita Humas lebih panjang
daripada berita awal. Humas belum melaksanakan komunikasi dua arah kepada publik
pembaca berita karena tidak adanya evaluasi dampak berita setelah adanya jawaban
berita hal ini dilatarbelakangi oleh tujuan Humas dalam membuat jawaban berita hanya
sebatas menenangkan, menambah wawasan dan mendapatkan kepastian hukum dari
pihak Propinsi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 08:49 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 08:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3627 |