PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) DENGAN PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA PLUS N 7 BENGKULU.

Widyianingsih, Lilik Rahmah and Amrul, Bahar and Agus, Sundaryono (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) DENGAN PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA PLUS N 7 BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of LILIK RAHMAH WIDYANINGSIH-2.pdf] Text
LILIK RAHMAH WIDYANINGSIH-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model kooperatif tipe
TGT dengan Model Siklus dapat meningkatkan hasil belajar, dan aktivitas
siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X1 SMA PLUS N 7
Bengkulu.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan,(2) Pelaksanaan
tindakan,(3) Pengamatan,(4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X1 semester 2 SMA PLUS N 7 Bengkulu tahun ajaran
2008/2009.Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan
lembar angket; data diolah dengan menggunakan teknik analisa
sederhana, yaitu nilai rata – rata, persentase daya serap, dan ketuntasan
belajar secara klasikal, rata – rata skor observer, dan rata – rata skor
angket.
Dari analisis hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa
penerapan pendekatan kooperatif tipe TGT dengan model siklus dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat
pada : (1) daya serap siswa yaitu siklus I dengan skor 70,06 %, siklus II
dengan skor 79,28%, dan siklus III dengan skor 79,4%, (2) Ketuntasan
belajar klasikal yaitu siklus I dengan skor 73,33 %, siklus II dengan skor
93,33%, dan siklus III dengan skor 96,6%,(3) aktivitas siswa yaitu siklus I
dengan rata – rata skor 21,5 ( cukup ), siklus II dengan rata – rata skor
26,5, dan siklus III dengan rata – rata skor 31,5. Untuk respon siswa 53 %
siswa sangat setuju, 30 % siswa setuju, 16 % siswa tidak setuju.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 09:48
Last Modified: 06 Dec 2013 09:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item
View Item