Puspita Sari, Linsi and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REKREATIF TEKNIK KUIS KIMIA DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA 5 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.
![LINSI PUSPITA SARI-2.pdf [thumbnail of LINSI PUSPITA SARI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LINSI PUSPITA SARI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir kreatif siswa, hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMA N 5 Bengkulu Selatan setelah
menerapkan model pembelajaran rekreatif teknik kuis kimia dengan media
powerpoint pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah semua siswa
kelas XI IPA 4 SMA N 5 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.
Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif, aktivitas
siswa dan guru di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Tes digunakan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil
penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan model pembelajaran
rekreatif teknik kuis kimia pada pokok bahasan sistem koloid dapat meningkatkan
berpikir kreatif, hasil belajar, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari
berpikir kreatif, aktivitas, dan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus III. Pada
siklus I berpikir kreatif siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 8,85 dengan kategori
cukup; 9,6 dengan kategori baik pada siklus II; dan 10,1 dengan kategori baik pada
siklus III. Begitu juga untuk aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dimana
pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 27,95 dengan kategori cukup; 29,10
dengan kategori baik pada siklus II; dan 30,25 dengan kategori baik pada siklus III.
Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari sikjlus I hingga siklus III yaitu nilai rata-
rata hasil belajar siswa dari 70,65 pada siklus I; 76,77 pada siklus II; dan 81,29 pada
siklus III. Daya serap siswa secara klasikal adalah 70,65% pada siklus I; 76,77%
pada siklus II; dan 81,29% pada siklus III. Ketuntasan belajar secara klasikal dari
64,52% pada siklus I; 77,42% pada siklus II; dan 90,32% pada siklus III.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 14:34 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 14:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3690 |