Yunita, Ria and Sumpono, Sumpono and Salastri, Rohiat (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REDUKSI-OKSIDASI KELAS XE SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![RIA YUNITA-2.pdf [thumbnail of RIA YUNITA-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIA YUNITA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model
pembelajaran ARIAS dengan metode problem solving dapat meningkatkan
hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan reduksi-oksidasi kelas XE SMA
Negeri 6 Kota Bengkulu dan (2) mengetahui penerapan model pembelajaran
ARIAS dengan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar
kimia siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi dan data diperoleh
dari tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus
selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan nontes dan
tes, yang terdiri dari pretest dan posttest serta lembar observasi yang terdiri
dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar observasi
kelompok. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan
menggunakan rata-rata kelas, daya serap klaksikal dan menentukan
ketuntasan belajar. Pada pretest siklus I, nilai rata-rata kelas (4,063), daya
serap klaksikal (40,63%) dan ketuntasan belajar (15,63%). Pada pretest
siklus II, nilai rata-rata kelas (4,719), daya serap klaksikal (47,19%) dan
ketuntasan belajar (28,13%). Dan pada pretest siklus III nilai rata-rata kelas
(5,531), daya serap klaksikal (55,31%) dan ketuntasan belajar (53,13%).
Sedangkan pada posttest siklus I, nilai rata-rata kelas (6,656), daya serap
klaksikal (66,56%) dan ketuntasan belajar (65,63%). Pada posttest siklus II,
nilai rata-rata kelas (7,125), daya serap klaksikal (71,25%) dan ketuntasan
belajar (71,88%). Dan pada posttest siklus III nilai rata-rata kelas (8,063),
daya serap klaksikal (80,63%) dan ketuntasan belajar (87,5%). Kemudian
aktifitas siswa dengan rata-rata skor untuk siklus I adalah 58 (kriteria baik),
siklus II adalah 74 (kriteria baik) dan siklus III adalah 78,5 (kriteria baik).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 23:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 23:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3755 |