PENGGUNAAN SOCIAL NETWORKING WEBSITE FACEBOOK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA SMAN 5 KOTA BENGKULU

Sefadiyanti, Rizka and Sumpono, Sumpono and Eko, Suprijono (2009) PENGGUNAAN SOCIAL NETWORKING WEBSITE FACEBOOK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA SMAN 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Rizka Sefadiyanti-2.pdf] Text
Rizka Sefadiyanti-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Social
Networking Website Facebook pada pembelajaran kimia. Jenis penelitian
adalah penelitian eksperimen (eksperimen research) dengan melibatkan
dua kelas. Populasi dalam sample adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5
Kota Bengkulu. Sample diambil dua kelas dengan menggunakan hasil
ujian semester ganjil., melalui uji homogenitas dan normalitas diambil dua
kelas sebagai sampledan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrument
penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa untuk kedua
kelas sampel, angket untuk kelas eksperimen dan soal postes. Untuk uji
coba tes dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya
beda. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan dua
statistik, yaitu uji t yang digunakan untuk menganalisis perbedaan hasil
postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian dialakukan pada
tingkat kepercayaan 95% dan db = 23 + 32 – 1 = 54. Tahap pertama
adalah dengan menghitung deviasi standar gabungan (dsg) dan dari
perhitungan didapatkan dsg data = 11,8 dan thitung = 1,72. Sedangkan ttabel
didapatkan t(0,95)(54)= 1,67. Sehingga didapatkan hasil thitung > ttabel. Jadi,
dapat disimpulkan bahwa pada tingkat keprcayaan 95% nilai postes siswa
yang menggunakan facebook sebagai media pembelajaran lebih tinggi
dibandingkan dengan nilai postes siswa yang menggunakan media yang
digunakan sehari-hari. Selanjutnya untuk mengetahui apakah ada korelasi
antara perlakuan dan nilai postes digunakan statistik korelasi product
moment, dan didapatkan nilai rhitung adalah 0,59. dan rtabel = r(0,05)(21)=
0,413. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel, maka H0 ditolak
dan Ha diterima, artinya terdapat korelasi yang signifikan anatara respon
siswa terhadap pembelajaran menggunakan media facebook dan nilai
postesnya.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:06
Last Modified: 06 Dec 2013 23:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200