PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN

Noviarni, Triana and Hermansyah, Amir and Nyoman, Rohadi (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of TRIANA NOVIYARNI-2.pdf] Text
TRIANA NOVIYARNI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA
SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan pada pokok bahasan hidrokarbon
khususnya pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ( Numbered Head
Together) dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Alur pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi rencana tindakan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA semester 2
SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2008/2009. Siswa kelas XA
terdiri dari 32 orang siswa, dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 20
orang siswa dan 12 orang siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan
menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, angket, lembar
tes dan tugas rumah. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik
analisa data deskriptif, yaitu suatu teknik yang mendeskripsikan data dari
sumber data melalui lembar observasi dan hasil belajar. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head
Together) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar
kimia dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar ini dilihat dari nilai
rata-rata siswa pada siklus I sebesar 62,56, siklus II meningkat menjadi
66,71 dan siklus III meningkat menjadi 71,39. Aktivitas siswa pada siklus I
berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 23,3, pada siklus II
berada pada kategori baik dengan dengan rata-rata skor 27 dan rata-rata
skor 29 pada siklus III dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:26
Last Modified: 06 Dec 2013 23:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3766

Actions (login required)

View Item
View Item