Yusdalova, Wiwit and Amrul, Bahar and Hermansyah, Hermansyah (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED- HEAD- TOGETHER (NHT ) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS X-1 SMAN 1 LEBONG UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![WIWIT YUSDALOVA-2.pdf [thumbnail of WIWIT YUSDALOVA-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WIWIT YUSDALOVA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-I SMA Negeri 1 Lebong Utara tahun
ajaran 2008/2009, dengan tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru
dan siswa dalam proses pembelajaran kimia pokok bahasan Reaksi Redoks
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together
(NHT) melalui metode Problem Solving di kelas X-1 SMAN 1 Lebong Utara, (2)
Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas X-1 SMAN 1 Lebong
Utara dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together
(NHT) melalui metode Problem Solving dalam pembelajaran kimia pokok
bahasan Reaksi Redoks. (3) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa
terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Problem Solving di
kelas X-1 SMAN 1 Lebong Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan data tiap siklus dianalisis
untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa,
dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk mengetahui peningkatan
aktivitas belajar siswa setiap siklus. Data dianalisi secara deskriptif dengan
menentukan nilai rata-rata, daya serap siswa dan ketuntasan belajar. Hasil
belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 56,56, daya serap 56,56 %,
dan ketuntasan belajar 59,37 %. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 65,93,
daya serap 65,93 %, dan ketuntasan belajar 81,25%. Pada siklus III memperoleh
nilai rata-rata 70,31, daya serap 70,31 %, dan ketuntasan belajar 90,62 %.
Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 23 dengan kategori cukup,
siklus II memperoleh 27,5 kategori baik dan siklus III memperoleh 33 dengan
kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan
metode Problem Solving yaitu 59,37 % atau sebanyak 19 siswa merespon
sangat baik, 31,25 % atau sebanyak 10 siswa merespon baik dan yang
memberikan respon cukup sebanyak 3 siswa dengan persentase 9,37%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 23:29 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 23:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3768 |