STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI – OKSIDASI (REDOKS) DI SMA N 5 KOTA BENGKULU.

Pusvita Sari, Yulia and Amrul, Bahar and Agus, Sundaryono (2009) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI – OKSIDASI (REDOKS) DI SMA N 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of YULIA PUSVITA SARI-2.pdf] Text
YULIA PUSVITA SARI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar kimia siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dan tipe NHT (Number Head Together) di Kelas X SMA N 5 Kota
Bengkulu pada tahun ajaran 2008-2009.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi
adalah seluruh siswa kelas X SMA N 5 Kota Bengkulu dan yang menjadi
sampel adalah kelas X D sebagai kelas NHT (Number Head Together)
dan kelas X F sebagai kelas Jigsaw. Pengambilan data dengan
menggunakan data tes pada kelas NHT dan kelas Jigsaw. Analisa data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT (Number Head Together).
Nilai rata untuk kelas Jigsaw sebesar 74,375 sedangkan untuk kelas NHT
(Number Head Together) sebesa 80,625. Uji-t kedua kelas sampel dengan
α = 0.01 diperoleh thitung = 2.48 sedangkan ttabel (0.99)(62) = 2.388 berarti thitung
> ttabel sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
kimia siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number
Head Together) lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Kemudian Dilakukan
Delayed Test untuk mengukur daya katahanan konsep yang diserap
siswa, hasil menunjukkan bahwa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT
(Number Head Together) juga labih baik dari pada tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:34
Last Modified: 06 Dec 2013 23:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item
View Item