“Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Connected Mathematics Project Dengan Menggunakan Hands On Activity Di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu”

Aini, Fadilatul and Saleh, Haji and Wahyu, Widada (2009) “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Connected Mathematics Project Dengan Menggunakan Hands On Activity Di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu”. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of FADILATUL AINI-2.pdf] Text
FADILATUL AINI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam
belajar matematika melalui Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP)
dengan menggunakan Hand’s on Activity di kelas VII C SMP Negeri 13 Kota
Bengkulu, (2) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar matematika
melalui Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan menggunakan
Hand’s on Activity di kelas VII C SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 13 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Lembar observasi siswa
digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran CMP
dengan Hands on Activity. Tes dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat
keberhasilan pembelajaran CMP dengan Hands on Activity.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperolh beberapa simpulan : (1) Cara
meningkatkan aktivitas siswa dengan pembelajaran CMP menggunakan hands on
Activity dalam pembelajaran matematika yaitu dengan cara sebagai berikut (a) Phase
Launch (menyajikan masalah-masalah kontekstual tentang materi yang dipelajari.),
(b) Menggali informasi dan bertanya (siswa diminta membaca dan memahami
masalah yang ada dan diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada masalah yang
belum dipahami), (c) Phase Ekplore (siswa diminta bekerja sama dalam kelompoknya
untuk menyelesaikan masalah yang ada), (d) Beraktivitas dan menemukan,
(e)Mengumpulkan data dan menganalisa, (f) Phase summarize dan membuat
kesimpulan (siswa dimnta berdiskusi tentang hasil yang mereka peroleh dan membuat
kesimpulan). (2) Cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu dengan
menerapkan
pembelajaran
berdasarkan
langkah-langkah
yang
ada
dalam
pembelajaran CMP dengan menggunakan Hands on Activity., menyediakan LKS
sebagai media pembelajaran, memberikan petunjuk/bimbingan pada siswa, serta
pemberian motivasi baik secara lisan, non lisan maupun pemberian piagam dan
hadiah bagi siswa yang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Peningkatan
hasil belajar yang diperoleh siswa setiap siklus baik dalam hal rata-rata dan
ketuntasan belajar klasikalnya. Untuk nilai rata-rata pada siklus I adalah 52,82, pada
siklus II adalah 62,78 dan pada siklus III adalah 70,4. untuk ketuntasan belajar
klasikal pada siklus I sebesar 55,56%,pada siklus II sebesar 73,33% dan pada siklus
III sebesar 88,89%.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:52
Last Modified: 06 Dec 2013 23:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item
View Item