Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Di Kelas VII SMP N 9 Kota Bengkulu

Darnia, Henzi and Dewi , Herawaty and Saleh, Haji (2009) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Di Kelas VII SMP N 9 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL-2.pdf] Text
PENERAPAN MODEL-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VII D di SMP N 9 kota Bengkulu pada pokok bahasan
bangun datar segi empat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N 9 Kota Bengkulu
semester genap tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri
dari 23 siswa laki-laki dan siswa perempuan 17.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar.
Data hasil tes dianalisis nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan
data yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dianalisis diperoleh kesimpulan
bahwa hasil belajar matematika meningkat setiap siklus Nilai rata-rata siswa pada
siklus I meningkat 31,36; pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 13,67; pada
siklus III terjadi peningkatan sebesar 10,1 dengan ketuntasan belajar secara klasikal
mencapai 87,5%.
Berdasarkan hasil yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dapat dilakukan dengan cara: 1) Siswa dikelompokkan dengan
kelompok asal yang memiliki kemampuan heterogen 2) Siswa membaca lembar ahli
dan LKS kemudian siswa memfokuskan untuk memahami topik-topik yang telah
ditentukan untuk masing-masing anggota kelompok, 3) Guru meminta siswa dengan
keahlian yang sama bertemu untuk mendiskusikan dan mempelajari topik-topik ahli
yang telah diberikan kepada mereka, 4) Guru meminta siswa sebagai wakil anggota
kelompok asal yang berada di kelompok ahli untuk kembali lagi ke kelompok asal
mereka untuk mengajari hasil diskusi topik ahli kepada teman-teman kelompok
asalnya untuk melaporkan hasil diskusinya 5) Guru menunjuk salah satu kelompok
untuk menjelaskan hasil diskusi ke depan kelas, 6) Guru membimbing siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari, 7) Guru memberikan soal kuis mencakup
semua topik yang telah dipelajari, 8) Guru mengumumkan skor perbaikan individual
dan skor tim, dan memberikan penghargaan dan hadiah lain kepada tim yang
memperoleh skor tertinggi.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 00:08
Last Modified: 07 Dec 2013 00:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200