Weni, Weni and Irsal, Idris and Rusdi, Rusdi (2009) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA N 3 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![WENI (A1C005025).pdf [thumbnail of WENI (A1C005025).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WENI (A1C005025).pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (897kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana cara mengelola
model pembelajaran kooeparatif tipe Numbered Head Together (NHT) sehingga
dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran matematika, (2) Untuk mengetahui
bagaimana mengelola pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur
penelitian yaitu: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan ⇒ Observasi ⇒
Releksi.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.D SMA Negeri 3 Kota Bengkulu
semester genap tahun ajaran 2008/2009, yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 10
orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah
lembar observasi aktivitas siswa dan guru dan tes. Data hasil tes dianalisis nilai rata-
rata dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif
tipe Numbered-Head-Together (NHT) dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan keaktifan siswa, yaitu dengan cara sebagai berikut: guru akan selalu
memberi penghargaan atau pun pujian kepada siswa yang memberi tanggapan
terhadap presentasi hasil diskusi, baik bertanya maupun menjawab. Hasilnya pada
siklus I keaktifan siswa berada pada kriteria cukup dengan rata-rata 25, pada siklus II
skor rata-rata keaktifan siswa meningkat menjadi 29 dan berada pada kriteria baik,
pada siklus III skor rata-rata keaktifan siswa juga meningkat menjadi 32,5 dan berada
pada kriteria baik. (2) Pembelajaran metematika dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dengan cara sebagai berikut: guru memberi PR kepada siswa yang tidak tuntas.
Hasilnya adalah nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa , yaitu: pada siklus I
adalah 60,3, siklus II adalah 68,83 dan siklus III adalah 70,33. Dengan ketuntasan
belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, yaitu: 83,33%; 83,33% dan 86,66%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 00:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 00:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3788 |