MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KELOMPOK BERMAIN DI PAUD SREDTTA KOTA BENGKULU)

Rosiana, Zulita and Bambang, Sahono and Sofino, Sofino (2009) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KELOMPOK BERMAIN DI PAUD SREDTTA KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ZULITA ROSIANA.pdf] Text
ZULITA ROSIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan tentang
manajemen pembelajaran pada kelompok bermain di PAUD SREDTTA Kota
Bengkulu. Berdasarkan tujuan umum tersebut dapat dijabarkan ke dalam tujuan
khusus, yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran di PAUD
SREDTTA, pelaksanaan pembelajaran di PAUD SREDTTA, dan evaluasi
pembelajaran di PAUD SREDTTA serta faktor penghambat dan pendukung
dalam manajemen pembelajaran dan upaya mengatasi faktor penghambat dalam
manajemn pembelajaran di PAUD SREDTTA Kota Bengkulu. Subjek penelitian
ini adalah pengelola, tutor, dan peserta didik di PAUD SREDTTA Kota
Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri.
Analisis data menggunakan tiga komponen utama yakni reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan bahwa manajemen
pembelajaran pada kielompok bermain di PAUD SREDTTA Kota Bengkulu
belum dilaksananakan sesuai yang diharapkan. Hal ini direduksi dari hasil
penelitian sebagai berikut : Pertama, perencanaan pembelajaran di PAUD
SREDTTA belum berjalan dengan baik, Hal ini dapat di lihat dari : 1) Belum
adanya pengarsipan dokumen, 2) Belum dibuatnya rencana pembelajaran yang
mengacu pada kurikulum yang digunakan (BCCT) dan pedoman penyelenggaraan
kelompok bermain yang telah ditetapkan oleh DIRJEN PLSP.3) Belum
dikelompokkannya peserta didik usia 2-3 tahun dan 4-6 tahun. Kedua,
perencanaan pembelajaran yang tidak mengacu pada kurikulum yang digunakan
(BCCT) dan pedoman penyelenggaraan kelompok bermain yang telah ditetapkan
oleh DIRJEN PLSP, sehingga pelaksanaan pembelajaran di PAUD SREDTTA
belum dapat berjalan sebagaiman mestinya. Disiplin peserta didik juga belum
berjalan dengan dengan baik. Hal ini dikarenakan masih adanya beberapa peserta
didik yang keluar masuk kelas karena tidak adanya pengelompokkan usia peserta
didik 2-3 tahun dan 4-6 tahun, sehingga menyebabkan tidak nyamannya peserta
didik dalam proses belajar mengajar. Ketiga, evaluasi pembelajaran di PAUD
SREDTTA belum berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan tutor yang jarang
mengabsensi peserta didik setiap hari. Tujuannya adalah selain untuk mengetahui
jumlah peserta didik yang hadir juga untuk melatih keberanian . Hasil evaluasi
dibukukan dalam bentuk raport yang dibuat oleh tutor, hasilnya dilaporkan kepada
ketua pengelola dan diserahkan kepada orang tua peserta didik per semester.
Keempat, faktor penghambat dan pendukung dalam manajemen pembelajaran.
Faktor penghambat adalah kurangnya media pembelajaran. Faktor pendukung
adalah Kerjasama yang baik antara pihak pemerintah,yayasan,orang tua peserta
didik dan tutor. 1) Pihak pemerintah memberikan informasi yang berkenaan
dengan manajemen pembelajaran terutama situasi dan kondisi kegiatan belajar
mengajar, serta mengupayakan adanya pelatihan-pelatihan bagi para tutor, 2)
Bantuan moril dari pihak yayasan sehingga dapat mendorong semangat dan
kerjasama di kalangan para pelaksana pendidikan di PAUD SREDTTA.3) Orang
tua peserta didik memberikan saran/masukan kepada pihak pengelola/tutor yang
sifatnya membangun demi perkembangan PAUD SREDTTA di masa yang akan
datang. 4). Tutor harus melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Dukungan
inilah yang menjadi motivator dari pihak poengelola dan para tutor di PAUD
SREDTTA sehingga proses pembelajaran dapat berjalan hingga sekarang.
Kelima, upaya yang dilakukan oleh tutor dalam mengatasi hambatan adalah
dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar lingkungan PAUD
SREDTTA.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka peneliti
mengajukan beberapa saran sebagai berikut : Pertama, pihak pengelola dan tutor
dalam membuat perencanaan pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum yang
digunakan (BCCT) dan pedoman penyelenggaraan kelompok bermain yang
ditetapkan oleh DIRJEN PLSP dan diarsipkan.
Kedua, 1) Pihak pengelola
dan tutor dalam pelaksanaan pembelajaran di PAUD SREDTTA Kota Bengkulu
harus mengacu kepada kurikulum yang digunakan (BCCT) dan pedoman
penyelenggaraan kelompok bermain yang ditetapkan oleh DIRJEN PLSP. 2)
Kedisiplinan peserta didik harus lebih ditingkatkan dalam proses belajar
mengajar. 3) Harus adanya pengelompokkan peserta didik usia 2-3 tahun dan 4-6
tahun. Ketiga, Tutor hendaknya melakukan absensi kepada peserta didik setiap
hari. Hal ini bertujuan selain untuk mengetahui jumlah peserta didik yang hadir
juga untuk melatih keberanian. Keempat, Kepada pihak pengelola diharapkan
melengkapi media pembelajaran yang kurang/hilang demi tercapainya proses
pembelajaran yang baik.
Kelima, Kepada pihak pemerintah agar tetap
mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para tutor demi peningkatan sumber daya
manusia (SDM).
Keenam, Kepada para orang tua peserta didik agar
membantu dan melatih peserta didik di rumah di dalam mengerjakan tugas yang
diberikan oleh tutor. Ketujuh,
Kepada
peserta
didik
diharapkan
untuk
meningkatkan kegiatan belajar dan disiplin dalam mengikuti pembelajaran di
PAUD SREDTTA Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 00:20
Last Modified: 07 Dec 2013 00:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item
View Item