STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TUTOR UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C PADA PKBM DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

Sribulan Arimas, Asep Tula and Sudarwan, Danim and Rufran, Zulkarnain (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TUTOR UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C PADA PKBM DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Asep Tula Sri Bulan Arimas-2.pdf] Text
Skripsi Asep Tula Sri Bulan Arimas-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Tutor Untuk
Meningkatkan Efikasi Diri Warga Belajar Program Paket C Pada PKBM di
Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu Penelitian ini bertujuan untuk a).
Mengetahui bagaimana strategi kontruktivisme tutor dalam menyampaikan materi
kepada warga belajar Paket C. b). Mengetahui efikasi diri warga belajar Paket C
terhadap strategi belajar yang diberikan oleh tutor. c). Mengetahui hubungan
positif antara penerapan strategi konstruktivisme dengan efikasi warga belajar
Paket C.
Dalam pengolahan data digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan
cara observasi, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini lebih banyak
menggunakan angket, sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan
sebagai penunjang untuk memperoleh data. Teknik pengolahan data dalam
penelitian ini adalah tabulasi data menggunakan skala penilaian. Analisis data
yang digunakan adalah rumus rata-rata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran
konstruktivisme efektif di gunakan di PKBM Angrek, Infotama, Widek dan
Andraguta. Efikasi diri warga belajar yang ditimbulkan oleh strategi pembelajaran
konstruktivisme adalah tinggi dan efikasi diri tersebut sangat dipengaruhi oleh
strategi pembelajaran konstrutivisme.
Pembelajaran konstruktivisme adalah metode pembelajaran dimana peserta didik
membangun pengetahuannya dari dirinya sendiri.(Ruseffendi,1988:132) Dalam
metode ini peserta didik telah mempunyai ide tersendiri tentang suatu konsep
yang belum di pelajari, ide tersebut mungkin benar atau tidak. Metode
pembelajaran konstruktivisme memerlukan tutor untuk membetulkan konsep yang
ada pada peserta didik atau untuk membentuk konsep baru.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 00:35
Last Modified: 07 Dec 2013 00:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3797

Actions (login required)

View Item
View Item