Suryawinati, Doni and Yayan, Mulyana and Izzudin, Izzudin (2009) UPAYA KEPALA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PAMONG BELAJAR DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi DONI SURYAWINATA-2.pdf [thumbnail of Skripsi DONI SURYAWINATA-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi DONI SURYAWINATA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dalam
Meningkatkan Kinerja Pamong Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong” Penelitian ini dilatar belakangi oleh
tugas Pamong Belajar sebagai penyelenggara pembelajaran masyarakat yang
secara umum tugas pokok Pamong Belajar yaitu melaksanakan kegiatan belajar
mengajar, mengembangkan model, dan melaksankan penilaian dalam rangka
pengendalian mutu PNF. Dengan tugas ini, Pamong Belajar SKB harus bekerja
lebih ulet secara profesional dengan memanfaatkan waktu kerja seefisien
mungkin. Namun dengan keterbatasan kemampuan profesional dan banyaknya
hambatan yang ditemukan dalam melaksanakan tugasnya mereka kurang berhasil
melaksanakan tugas (Kemma, dkk.1995). Permasalahan yang akan diteliti dalam
penelitian ini adalah upaya yang dilakukan Kepala SKB dalam meningkatkan
kinerja Pamong Belajar di SKB Kota Curup Kab. Rejang Lebong. Adapun yang
menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan
Kepala SKB dalam meningkatkan kinerja Pamong Belajar di SKB Kota Curup
Kab. Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah
Kepala SKB Kota Curup Kab. Rejang Lebong. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Upaya yang dilakukan
Kepala SKB yaitu dengan membuatkan jadwal mengajar secara rutin setiap
minggu dengan memonitoring kegiatan secara berkala.(2) Membimbing,
memonitoring, semua yang dilaksanakan atau direncanakan oleh Pamong Belajar
dan mengingatkan Pamong untuk selalu menyerahkan laporan hasil kegiatan.(3)
Dengan cara membahas kemungkinan hambatan yang akan dihadapi dengan
memberi masukan dalam mengidentifikasi hambatan apa yang mungkin akan
muncul dalam rapat yang diselenggarakan setiap bulan. (4) Dengan memanggil
seluruh Pamong Belajar untuk sharing atau berdiskusi dalam menyelesaikan
hambatan yang dihadapi dalam sebuah kegiatan.(5) Pamong Belajar ditugaskan
menyusun pedoman kegiatan belajar mengajar sendiri dengan mengikuti kerangka
pedoman yang dibuat dari pusat. (6) Mengikutsertakan Pamong Belajar yang ada
di SKB untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. (7) Dalam mengembangkan model
pembelajaran upaya yang dilakukan Kepala SKB adalah dengan memberikan
kebebasan kepada para Pamong untuk berkarya, menerapkan dan menggunakan
model pembelajaran apa yang mereka kehendaki. (8) Upaya yang dilakukan
Kepala SKB agar Pamong Belajar mampu melaksanakan penilaian dalam rangka
pengendalian mutu PNF dengan cara melibatkan seluruh Pamong Belajar untuk
mengikuti petunjuk yang tertera dalam peningkatan mutu Pendidik Tenaga
Kependidikan Non Formal (PTK-PNF) dari pusat.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 00:48 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 00:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3805 |