Jjurnia Ningsi, Fitri and Riyanto, Riyanto and Izzudin, Izzudin (2009) UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PADA PELATIHAN MENJAHIT DI BALAI PENGEMBANGAN ANAK DAN REMAJA “HARAPAN” BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![FITRI JUNIA NINGSI-2.pdf [thumbnail of FITRI JUNIA NINGSI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FITRI JUNIA NINGSI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimanakah motivasi
warga belajar dalam mengikuti pelatihan menjahit. (2) untuk mengetahui upaya
tutor pelatihan menjahit dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar pada
Balai Pengembangan Anak dan Remaja Harapan Kota Bengkulu. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, Wawancara
dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah warga belajar pelatihan menjahit
di Balai Pengembangan Anak dan Remaja “Harapan” Bengkulu berjumlah 20
orang.
Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa
rerata skor motivasi belajar warga belajar pada pelatihan menjahit yaitu 68 dengan
kategori cukup. Upaya yang dilakukan oleh tutor adalah mememerhatikan
kehadiran warga belajar, menjelaskan tujuan, memberikan penghargaan,
mengetahui hasil pekerjaan, menjelaskan sesuatu yang baru dan bertentangan,
mendorong meraih sukses, memberi kesempatan untuk mempraktekan sendiri,
menghubungkan antar materi, menggunakan metode simulasi, pemberian tugas
secara berkelompok, menciptakan situasi akademis, memperbanyak simulasi
dengan banyak diskusi baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan
kesimpulan tersebut, tutor harus berusaha untuk selalu meningkatkan motivasi
warga belajar baik di dalam proses pembelajaran maupun di luar proses
pembelajaran dengan tetap mempertahankan hubungan yang harmonis dengan
warga belajar, dan terus melatih sikap kemandirian warga belajar dalam proses
pembelajarannya..
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 00:58 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 00:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3809 |