PERSEPSI TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL PROGRAM KKN-PPBA TERHADAP PENDIDIKAN PELATIHAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2008

Mukmin, Khairul and Agus , Zainal and Yayan, Mulyana (2009) PERSEPSI TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL PROGRAM KKN-PPBA TERHADAP PENDIDIKAN PELATIHAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2008. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Khairul Mukmin-2.pdf] Text
Skripsi Khairul Mukmin-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi tutor keaksaraan fungsional
program KKN-PPBA terhadap pendidikan pelatihan yang diselenggarakan oleh
Universitas Bengkulu tahun 2008 dilihat dari aspek persiapan, pelaksanaan, dan
evaluasi kegiatan pendidikan pelatihan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah FKIP Unib dan sasarannya
mahasiswa FKIP yang mengikuti program KKN-PPBA Unib tahun 2008. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik
analisa data meliputi reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan,
serta terknik keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi.
Setelah melakukan penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa:
(1) Persepsi tutor keaksaraan fungsional dari FKIP pada program KKN-PPBA
Universitas Bengkulu tahun 2008 terhadap persiapan yang dilakukan dalam
pendidikan pelatihan ini cukup baik. Tahap persipan meliputi perencanaan dan
perumusan tujuan pendidikan pelatihan. Persiapan ini dinilai belum terlalu baik
karena para tutor mengatakan bahwa jadwal pelaksanaan pendidikan pelatihan ini
terlalu singkat yaitu selama dua hari yang berakibat pada pemadatan dalam
penyampaian materi pendidikan pelatihan. (2) Persepsi tutor keaksaraan
fungsional dari FKIP pada program KKN-PPBA terhadap pendidikan pelatihan
yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu tahun 2008 sudah baik. Hal ini
sesuai dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa tempat, instruktur,
materi, metode, media, dan pemberian insentif yang sudah sesuai dengan
kebutuhan peserta pendidikan pelatihan. (3) Persepsi tutor terhadap evaluasi
kegiatan pendidikan pelatihan tutor keaksaraan fungsional dari FKIP pada
program KKN-PPBA yang diselenggarakan oleh Universitas Bengkulu ini kurang
baik. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan evaluasi hanya dilakukan pada akhir
kegiatan pendidikan pelatihan saja. Dari hasil evaluasi akhir ini diketahui bahwa
pendidikan pelatihan ini sudah memberikan hasil yang baik bagi peserta
pendidikan pelatihan.
Dengan demikian dalam pendidikan pelatihan ini disarankan kepada
penyelenggara agar dalam melakukan kegiatan pendidikan pelatihan harus
melakukan perencanaan yang matang sebelum dilakukan kegiatan diantaranya
penentuan jadwal, evaluasi kegiatan sebaiknya dilakukan pada kegiatan awal,
proses, dan akhir. Karena sebagian besar peserta pendidikan pelatihan tutor
keaksaraan fungsional ini berlatar belakang bukan pendidikan luar sekolah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 01:02
Last Modified: 07 Dec 2013 01:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3810

Actions (login required)

View Item
View Item