Christa Marta, Ninna and Agus , Zainal and Yayan, Mulyana (2009) UPAYA PENDIDIK DALAM PENANAMAN BUDI PEKERTI BAGI PESERTA DIDIK PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD PELITA HATI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![NINNA CHRISTA MARYA-2.pdf [thumbnail of NINNA CHRISTA MARYA-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NINNA CHRISTA MARYA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Merumuskan masalah penelitian mengenai bagaimanakah upaya
pendidik dalam menanamkan budi pekerti bagi peserta didik pada kelompok
bermain PAUD Pelita Hati Kota Bengkulu. Dan juga penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam penanaman
budi pekerti pada peserta didik kelompok bermain.
Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan
pendekatan Kualitatif. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang responden
yaitu pendidik pada PAUD Pelita Hati Kota Bengkulu. Adapun alat pengumpulan
data yang digunakan yaitu : 1). Observasi, 2). Wawancara, 3). Dokumentasi.
Sedangkan teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan, serta teknik keabsahan data hasil penelitian menggunakan
Triangulasi.
Berdasarkan pengolahan data dapat disimpulkan secara umum upaya
yang dilakukan pendidik dalam penanaman budi pekerti bagi peserta didik
kelompok bermain yang dapat dilihat dari (1), Upaya pendidik dalam Penanaman
budi pekerti terhadap diri sendiri terhadap peserta didik ini sangatlah diperlukan
agar sang anak dapat hidup mandiri, bertanggung jawab, dan dapat menghargai
dirinya sendiri. (2), Dapat dilihat dari penanaman budi pekerti pada anak terhadap
sesama manusia diharapkan agar anak mempunyai rasa social yang tinggi,
memiliki dan mengembangkan sikap toleransi terhadap sesama manusia, memiliki
tatakrama dan sopan santun, serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan kasih
sayang terhadap sesama manusia. (3), Seperti pada upaya pendidik dalam
penanaman budi pekerti pada peserta didik terhadap binatang, pendidik harus
langsung mempraktekkan pengajaran teori kepada peserta didik mengenai
bagaimana sikap kita dalam menyayangi sesama makhluk tuhan, dan juga tidak
boleh mengganggu binatang tersebut, pada penanaman budi pekerti pada peserta
didik teerhadap binatang ini diharapkan agar anak memiliki rasa pengendalian
diri, mentaati ajaran agama dan menyayangi sesama makhluk ciptaan Tuhan. (4),
Upaya pendidik dalam penanaman budi pekerti pada peserta didik terhadap
lingkungan dapat dilihat dari cara pemberian teori dan juga praktek langsung yang
diberikan oleh pendidik kepada peserta didik yaitu dengan cara menjelaskan dan
mempraktekan langsung kepada peserta didik bagaimana caranya supaya peserta
didik dapat berinteraksi atau memperlakukan lingkungan yang ada disekitarnya,
seperti tidak membuang sampah sembarangan, bagimana agar peserta didik dapat
mencintai tanaman dan menghemat air. (5), Upaya pendidik dalam penanaman
budi pekerti pada peserta didik terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilakukan dengan
VII
cara menjelaskan bahwa hendaknya sejak di usia dini kita harus mentaati ajaran
agama yang sudah ditetapkan, menjalankan perintah Allah SWT seperti berdo’a
sebelum dan sesudah makan, rajin beribadah dan pergi ketempat ibadah,.serta
menjauhi menjauhi laranganNya. Apabila kita menjalankan perintah Allah SWT
maka kita akan mendapatkan pahala dan jika kita tidak menjauhi laranganNya
maka kita akan berdosa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 01:11 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 01:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3812 |