Linda, Nofa and Rufran, Zulkarnain and Rizkan, Rizkan (2009) KEBERHASILAN MADRASAH DINIYAH AWALIYAH (MDA) BAITUL ATIEQ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Nofa Linda-2.pdf [thumbnail of Skripsi Nofa Linda-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nofa Linda-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang upaya yang
dilakukan pimpinan MDA Baitul atieq dalam meningkatkan keterampilan
membaca Al-Quran pada anak dan faktor pendukung serta penghambat
keberhasilan MDA Baitul Atieq.
Teknik
pengumpulan
data
dalam
penelitian
ini
yaitu:
observasi,
wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, lalu diolah dengan
menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian
kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah pimpinan
MDA Baitul Atieq, tenaga pengajar, dan wali santri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada berbagai
upaya yang telah
dilakukan pimpinan MDA Baitul Atieq dalam meningkatkan keterampilan
membaca Al-Quran pada anakselain itu, juga terdapat faktor pendukung dan
penghambat keberhasilan MDA Baitul Atieq.
Berdasarkan pengolahan data disimpulkan secara umum 1) Upaya apakah
yang dilakukan pimpinan MDA Baitul Atieq untuk memperoleh keberhasilan
dalam meningkatkan keterampilan membaca Al Quran pada anak, yaitu dengan
memilih /merekrut guru dengan berbagai kriteria: (1) Latar Belakang Pendidikan,
(2) Kompetensi guru, (3) Loyalitas guru, (4) Disiplin Calon guru, mengadakan
evaluasi setiap bulan dan mewajibkan guru untuk memberikan laporan bulanan
serta laporan ketuntasan membaca Al-Quran santri. 2) Faktor pendukung
keberhasilan MDA Baitul Atieq yaitu semangat dan rasa tulus ikhlas dalam
mengajar para guru dan pimpinan MDA, sarana dan prasarana, besarnya
kepercayaan masyarakat, SDM para santri. Sedangkan faktor penghambat
keberhasilan MDA Baitul Atieq adalah minimnya dana.
Rekomendasi peneliti sampaikan antara lain: 1) pengelola MDA Baitul
Atieq untuk tetap melakukan koordinasi antara bawahan dengan pimpinan dan
sebaliknya serta melakukan kaderisasi
kepemimpinan sehingga mampu
mempertahankan eksistensinya di massa mendatang. 2) diharapkan ada penelitian
lanjutan tentang aspek lain, sehingga informasi tentang MDA Baitul Atieq dapat
tergambar
secara
utuh.
3)
kepada
MDA
lain
yang
ada
di
Kota
Bengkuludiharapkan dapat bekerja sama dengan MDA Baitul Atieq agar dapat
saling memberikan motivasi dalam mencapai prestasi. 5) bagi masyarakat luas
(umat muslim) yang mempunyai anak usia 6-12 tahun mari kita masukkan
anaknya ke MDA untuk membekali mereka dengan keterampilan membaca Al-
Quran dan ilmu agama.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 01:20 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 01:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3813 |