UPAYA TUTOR DALAM MEMACU PERKEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK PADA LEMBAGA PAUD PELITA HATI KOTA BENGKULU

Kuntari, Ulfa and Ilham, Bismil and Suardi, Jasma (2009) UPAYA TUTOR DALAM MEMACU PERKEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK PADA LEMBAGA PAUD PELITA HATI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ULFA KUNTARI-2.pdf] Text
ULFA KUNTARI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (811kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “ Upaya Memacu Perkembangan Potensi Peserta Didik Pada
Lembaga PAUD Pelita Hati Kota Bengkulu.” Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh dalam
memacu perkembangan potensi peserta didik pada Lembaga PAUD Pelita Hati
Kota Bengkulu. Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan pendekatan
kualitatif dengan teknis analisis deskriptif agar diperoleh gambaran tentang suatu
keadaan yang sedang berlangsung pada saat ini. Sasaran penelitian adalah para
tutor yang melakukan berbagai upaya dalam memacu perkembangan potensi anak.
Informan penelitian diambil berdasarkan teknik snowball sampling, data diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada PAUD Pelita Hati menggunakan menu pembelajaran
dalam pelaksanaan pembelajarannya sebagai acuan atau pedoman dalam kegiatan
pembelajaran. Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang menjadi aspek-aspek
perkembangan yang distimulus oleh tutor PAUD Pelita Hati. Perkembangan
potensi anak distimulus secara integrated yaitu dengan melatih kemampuan
berbahasa, melatih motorik halus dan kasar, dan sosioemosional anak, semuanya
terangkum dalam kegiatan pembelajaran mereka. Proses pemacuan perkembangan
potensi anak dilakukan dengan cara belajar sambil bermain, yaitu: memberikan
pelajaran semenarik mungkin melalui gambar dengan warna-warna yang
menarik/mencolok, memadukan pelajaran dengan kegiatan bernyanyi bersama,
mengadakan kegiatan belajar sambil bermain (variasi dalam belajar). Dalam
memacu perkembangan potensi anak didiknya tutor menggunakan media/alat
bermain yang dibuat semenarik mungkin supaya minat dan perhatian anak tertuju
kepada pelajaran yang sedang diberikan. Anak didik antusias dan semangat dalam
mengikuti proses pembelajaran, terlihat ketika mereka diberikan pujian,
penguatan, reward, menjelaskan pelajaran semenarik mungkin, dan mengenalkan
pelajaran yang akan diberikan sebelum kegiatan pelajaran dimulai. Diharapkan
tujuan dari PAUD dapat tercapai yaitu mengembangkan kognitif, afektif, dan
psikomotorik, agar seluruh potensi anak dapat ditumbuh kembangkan secara
optimal.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 01:33
Last Modified: 07 Dec 2013 01:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item
View Item