Waspo Anggraini, Sekar and Bhakti, Karyadi and Abas, Abas (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD-TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERBAIKI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA3 SMAN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.
![SEKAR WASPO ANGGRAINI-2.pdf [thumbnail of SEKAR WASPO ANGGRAINI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SEKAR WASPO ANGGRAINI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Biologi dan
untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPA3 SMAN 1 Kota Bengkulu
melalui Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan
Sistem Gerak Pada Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Reserch) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-
masing siklus terdiri dari tahap-tahap: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan
dan Observasi, 3) Evaluasi, 4) Refleksi. Instrumen penelitian ini terdiri dari
lembar observasi dan lembar tes, lembar observasi terdiri dari lembar observasi
guru dan siswa. Lembar observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor,
skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria.
Sedangkan lembar tes dianalisis dengan menggunakan persentase ketuntasan
belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata skor
observasi guru adalah 29,5 yang termasuk dalam kriteria baik, sedangkan rata-rata
skor observasi siswa adalah 23 yang termasuk dalam kriteria cukup, sedangkan
pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata skor observasi guru adalah 35
dengan kriteria yang sama yaitu masih dalam kriteria baik dan rata-rata observasi
siswa adalah 30,5 dengan kriteria baik. Dan persentase ketuntasan belajar klasikal
siswa pada siklus I sebesar 64,51% dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus
II meningkat menjadi 90,32% dengan kriteria tuntas. Dari hasil analisa data
tersebut menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil
belajar biologi siswa kelas XI IPA3 SMAN 1 Kota Bengkulu khususnya pada
pokok bahasan Sistem Gerak Pada Manusia.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 02:08 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 02:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3825 |