Mariani, Trusti and Diah , Aryulina and Bambang, Sahono (2009) PENGEMBANGAN PROTOTIPE SLIDE KOMPUTER BERPOLA INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA PADA KONSEP PENGELOMPOKAN MAKHLUK HIDUP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.
![TRUSTI MARIANI-2.pdf [thumbnail of TRUSTI MARIANI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TRUSTI MARIANI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe media slide komputer berpola
induktif untuk pembelajaran biologi SMA konsep Pengelompokan Makhluk Hidup.
Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yaitu tahap penelitian dan
pengumpulan data (research and information collecting), tahap perencanaan (planning),
tahap pengembangan draf produk (develop preliminary form of product) dan tahap
evaluasi oleh guru. Subjek penelitian adalah 16 guru biologi SMA yang tergabung dalam
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Instrumen pengumpul data evaluasi media
adalah angket berbentuk skala penilaian. Data evaluasi media dianalisis dengan
menggunakan rerata skor dan persentase. Hasil analisis kurikulum adalah rincian materi
Virus, Eubacteria dan Archaebacteria, Protista, dan Fungi untuk materi media. Produk
yang dikembangkan adalah 104 slide komputer berpola induktif untuk konsep
Pengelompokan Makhluk Hidup. Slide berisi materi Virus, Eubacteria dan
Archaebacteria, Protista, dan Fungi yang dioperasikan dengan program power point.
Evaluasi guru terhadap media slide komputer berpola induktif secara umum dinilai baik
dengan skor (42,6). Dari sebelas aspek penilaian, sepuluh aspek yang dinilai baik
meliputi kesesuaian tulisan dengan tujuan pembelajaran, ketepatan tulisan dengan
konsep, ketepatan tulisan dengan urutan penyajian konsep, kejelasan tulisan dilihat dari
jarak 8 meter, ketepatan tulisan dengan pola induktif, kesesuaian gambar dengan tujuan
pembelajaran, ketepatan gambar dengan konsep, kejelasan gambar, ketepatan gambar
latar slide, kemenarikan gambar. Satu aspek yang dinilai cukup ialah kemenarikan
gambar latar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 02:14 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 02:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3826 |