ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MINUMAN TEH KEMASAN BOTOL MELALUI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Di PT. COCA-COLA BOTLING INDONESIA, PADANG

Kemala, Rita and Meizul , Zuki and Lukman , Hidayat (2007) ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MINUMAN TEH KEMASAN BOTOL MELALUI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Di PT. COCA-COLA BOTLING INDONESIA, PADANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[thumbnail of I,II,III-RIT-FP.pdf] Text
I,II,III-RIT-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (186kB)
[thumbnail of IV,V-RIT-FP.pdf] Text
IV,V-RIT-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Teh merupakan salah satu minuman penyegar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Produksi teh semakin meningkat memberi peluang berkembangnya industri minuman teh sehingga persaingan dalam merebutkan pasar semakin ketat. Faktor utama yang menentukan performansi perusahaan adalah mutu produk yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumennya. Perusahaan harus mengetahui keinginan dan harapan konsumen terhadap produk sehingga kepuasan konsumen dapat ditingkatkan. Metode yang dapat digunakan memecahkan masalah ini yaitu Quality Function Deployment (QFD). Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana produk Frestea mampu memenuhi tingkat kepuasan konsumen, mengetahui apakah secara teknis produk minuman kemasan botol mampu memenuhi harapan konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Convienence sampling, dimana pemilihan responden dilakukan berdasarkan kemudahan untuk memperoleh informasi. Metode survey yang dilakukan adalah survey pendahuluan melalui wawancara lansung kepada setiap konsumen minuman teh kemasan botol. Selanjutnya dilakukan penyebaran kuisioner tahap I digunakan 30 responden, kemudian kuisioner tahap II digunakan 100 responden Dari hasil Pengolahan data diperoleh sekitar 6 keinginan dari konsumen minuman teh kemasan yaitu rasa, lama umur simpan, kemudahan mendapatkan, kemasan, kadar kemanisan, dan penampakan. Analisa QFD menyatakan bahwa kemampuan perusahaan dalam memenuhi harapan konsumen secara keseluruhan masih belum cukup memuaskan karena nilainya masih kecil dari target yang diharapkan perusahaan. Jika dibandingkan dengan produk pesaing, kemampuan produk Frestea untuk atribut rasa, kadar kemanisan dibawah pesaing dengan rasio 1.66. Hasil keseluruhan dari penelitian ini dapat dilihat di dalam rumah kualitas. Hasil ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan PT. CCBI, Padang untuk memperbaiki produk mereka.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 09 Dec 2013 10:23
Last Modified: 09 Dec 2013 10:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3878

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200