Putra., Fendiana Agung Cayana (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERFIKIR KREATIF ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN METODE KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP N 1 PADANG JAYA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP-1-13-fen-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-1-13-fen-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar berfikir kreatif siswa antara yang diajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (ekperimen semu) dengan populasi siswa kelas IX di SMP N 1 Padang Jaya. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random Sampling sehingga diperoleh kelas IXb sebagai
kelas eksperimen dan kelas IXd sebagai kelas kontrol.instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan postest yang terdiri dari 15 butir soal essay,
terbagi atas tiga kali pretest dan tiga kali posttest yang masing-masing tes diberikan 5 butir soal. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas eksperimen
berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor posttest kelas kontrol dengan thitung 3,893 ttabel 2,000 pada taraf signifikan 95% dan dilanjutkan dengan N-gain,dengan menghitung silisih N-gain antara kelas eksperimen (0,61) dan kelas kontrol (0,53) diperoleh besar perbedaan peningkatan hasil belajar berfikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,08 atau dalam
persentase sebesar 8%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar berfikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP N 1 Padang Jaya, yakni 8%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 15:53 |
Last Modified: | 10 Dec 2013 15:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4018 |