Murni, Diti and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN DI PAUD GIAT BERKARYA DESA KAYU AJARAN KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-1-13-dit-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP-1-13-dit-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah metode bermain dapat meningkatkan keterampilan sosial anak di PAUD Giat Berkarya Desa Kayu Ajaran kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan, yang sengaja di munculkan yang terjadi dalam sebuah kelas secara bersama yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelas. subjek penelitian adalah berjumlah 15 orang yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbandingan yang nyata antara siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 masih sedikit anak yang memiliki keterampilan sosial dengan kategori baik sedangkan pada siklus 2 sudah banyak bahkan sudah seluruh siswa yang keterampilan sosialnya sudah
termasuk kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan melalui kegiatan bermain dalam hal ini bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial anak, hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil observasi anak pada setiap siklus. Siklus pertama secara keseluruhan persentase anak rata-rata pada kriteria kurang yaitu dibawah 50% dari setiap aspek dan pada siklus kedua meningkat sangat baik pada setiap aspek yaitu rata-rata lebih dari 80%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Dec 2013 10:15 |
Last Modified: | 12 Dec 2013 10:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4123 |