PERENCANAAN LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PERKERASAN LENTUR DENGAN TIGA METODE (Studi Kasus Jalan RE. Martadinata Kota Bengkulu)

Prasanti, Aningtiayas and Samsul, Bahri and Makmun , Reza Razali (2012) PERENCANAAN LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PERKERASAN LENTUR DENGAN TIGA METODE (Studi Kasus Jalan RE. Martadinata Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik UNIB.

[thumbnail of ANINGTYAS.pdf] Text
ANINGTYAS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jalan RE. Martadinata merupakan jalan masuk atau akses menuju pelabuhan Pulau Baai Bengkulu
yang memiliki panjang 11 km. Jalan ini berfungsi sebagai jalan arteri, dengan jenis perkerasan
yang digunakan adalah perkerasan lentur. Ruas Jalan RE. Martadinata memiliki laju transportasi
yang tinggi, banyak dilalui kendaraan pengangkut batu bara dan bahan bakar minyak dengan berat
muatan kendaraan melebihi berat izin maksimun (overload). Penelitian ini bertujuan untuk
merencanakan overlay menggunakan 3 metode yaitu Analisa Komponen 1987, metode Lendutan
Binamarga (Pd-T-05-2005-B), dan AASHTO 1986. Data yang diperlukan untuk analisis ini berupa
data lalu lintas, berat kendaraan overload, curah hujan, data teknis jalan, dan hasil pengujian
lendutan dengan benkelman beam. Data tersebut diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum, yaitu
SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Bengkulu. Bahan lapis permukaan
menggunakan aspal dengan modulus 2000 Mpa atau Marshall Stability 800 kg. Untuk nilai CBR
rencana tanah dasarnya adalah sebesar 1,82 % dan umur rencana 5 tahun. Dari hasil perhitungan
tebal overlay berdasarkan data berat kendaraan maksimum yang diizinkan Bina Marga didapat
tebal overlay dengan metode Lendutan (Pd-T-05-2005-B) sebesar 11 cm, metode Analisa
Komponen 1987 sebesar 10 cm, dan AASHTO 1986 sebesar 13 cm. Sedangkan untuk perhitungan
tebal overlay berdasarkan data berat rata-rata maksimum kendaraan overload diperoleh tebal
overlay dengan metode Lendutan (Pd-T-05-2005-B) sebesar 17 cm, metode Analisa Komponen
1987 sebesar 14 cm, dan AASHTO 1986 sebesar 16 cm.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 14 Dec 2013 18:08
Last Modified: 14 Dec 2013 18:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200