Irwanto, Aris and Puspa , Djuwita and Resnani, Resnani (2012) STUDI DESKRIPTIF PEMBINAAN MORAL MELALUI PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Aris Irwanto-2.pdf [thumbnail of Skripsi Aris Irwanto-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Aris Irwanto-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi atau cara pembinaan
moral yang dapat dilakukan oleh guru melalui pembelajaran PKn untuk
mengembangkan karakter anak di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif-eksploratif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif eksploratif melalui
mengolah data, menganalisis data dan menemukan hasil. Hasil analisis data dalam
bentuk narasi. Dari analisis data menunjukkan bahwa pembinaan moral melalui
pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru belum dilaksanakan secara optimal.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembinaan moral melalui
pembelajaran PKn untuk mengembangkan karakter anak di SD Negeri 74 Kota
Bengkulu masih belum optimal. Saran dari peneliti, untuk mencapai pembinaan
moral yang optimal guru harus lebih meningkatkan kualitas pembelajaran yang
membina moral, melakukan pembiasaan, melatih siswa, dan mensosialisasikan
nilai kepada siswa. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan
pembelajaran yang bernuansa pembinaan moral.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 15 Dec 2013 14:40 |
Last Modified: | 15 Dec 2013 14:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4393 |