Arnalis, Arnalis and Daimun , Hambali and Sri , Ken Kustianti (2012) PENERAPAN STRATEGI TTW DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA (PTK di Kelas V SDN 35 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Arnalis-2.pdf [thumbnail of Skripsi Arnalis-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Arnalis-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan menulis karangan persuasi
serta mengembangkan karakter siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu melalui
penerapan Strategi TTW dengan Model Picture And Picture. Penelitian yang
dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) melalui
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak
tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 35 Kota
Bengkulu yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi dan lembar tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada
siklus I diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 30 dengan kategori cukup, nilai rata-rata
aktivitas siswa sebesar 29,5 dengan kategori cukup. Hasil tes kemampuan menulis
karangan siswa dari 34 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 41,17%, mendapat
nilai rata-rata sebesar 61,52 dengan kategori belum tuntas. Pengembangan nilai
karakter menunjukkan nilai religius dan disiplin sudah terlihat pada aspek MK. (2)
pada siklus II diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 35,5 dengan kategori baik dan
nilai aktivitas siswa sebesar 36 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes kemampuan
menulis karangan siswa dari 34 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 73,52%
dengan nilai rata-rata 70,38. Pengembangan nilai karakter siswa menunjukkan nilai
religius, kreatif, komunikatif, rasa ingin tahu, mandiri, dan nilai disiplin sudah terlihat
pada aspek MK yang mengalami peningkatan dari siklus I, dan (3) pada siklus III
diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 43 dengan kategori baik dan nilai aktivitas siswa
sebesar 42,5 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes kemampuan menulis karangan
siswa dari 34 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 88,23% dengan nilai rata-rata
74,91. Pengembangan nilai karakter siswa menunjukkan nilai religius, kreatif,
komunikatif, rasa ingin tahu, mandiri, dan nilai disiplin sudah terlihat pada aspek MK
yang mengalami peningkatan dari siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan Strategi TTW dengan Model Picture And Picture dapat
meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasi dan dapat mengembangkan
karakter siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 15 Dec 2013 14:44 |
Last Modified: | 15 Dec 2013 14:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4394 |