PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SERTA MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM (PTK Kelas V SD Negeri 6 Kota Bengkulu)

Atmira, Nurdiati and v , karjyati and Nani , Yuliantini (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SERTA MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM (PTK Kelas V SD Negeri 6 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Atmira Nurdiati.pdf] Text
Skripsi Atmira Nurdiati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V
SD Negeri 6 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar
dan pengembangan karakter siswa dalam mata pelajaran Matematika dengan
menerapkan model Group Investigation menggunakan permainan tangram.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan
afektif dan psikomotor serta obeservasi pengembangan karakter. Data tes dianalisis
dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari
analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru
sebesar 27,25 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 37,25 dengan
kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 27,5
dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 36,25 dengan kriteria baik.
Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 66,6% dengan
nilai rata-rata 70,53 pada siklus II meningkat menjadi 88,8% dengan nilai rata-rata
meningkat menjadi 79,11. Untuk aspek afektif pada siklus I dengan perolehan
kategori baik sebanyak 13 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 19 siswa
dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai
kategori baik. Demikian pula untuk aspek psikomotor pada siklus I dengan perolehan
kategori baik sebanyak 13 siswa dan pada siklus II meningkat sebanyak 18 siswa
untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik, sedangkan
pengembangan nilai-nilai karakter pada nilai rasa ingin tahu mencapai hasil yang
memuaskan berkembang paling pesat dengan 33,3% sedangkan nilai teliti paling
rendah berkembang secara konsisten yaitu hanya 14,8%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Penerapan model Group Investigation menggunakan permainan
tangram dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan pengembangan karakter
khususnya siswa kelas V SD Negeri 6 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 14:53
Last Modified: 15 Dec 2013 14:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4395

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200