STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU

Yuniana Wulandari, Beti and Puspa , Djuwita and Herman , Lusa (2012) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Beti Yuniana Wulandari.pdf] Text
Skripsi Beti Yuniana Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan umum penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru terhadap
pencapaian tujuan pendidikan moral dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 27
Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru terhadap
tujuan pendidikan moral dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota
Bengkulu yang dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif-eksploratif.
Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data,
dan verifikasi data. Hasil analisis data dalam bentuk narasi. Dari analisis data
menunjukkan bahwa pengelolaan perangkat dan proses pembelajaran PKn dalam
mencapai tujuan pendidikan moral yang dilakukan oleh guru masih belum
maksimal. Sehingga, penguasaan guru dalam melaksanakan evaluasi perilaku
moral juga masih belum maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penguasaan guru terhadap pencapaian tujuan pendidikan moral dalam proses
pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota Bengkulu masih belum maksimal. Saran
dari peneliti, untuk mencapai pengembangan perilaku moral yang optimal guru
harus lebih meningkatkan kualitas dan penguasaannya terhadap pencapaian tujuan
pendidikan moral. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan
pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 15:06
Last Modified: 15 Dec 2013 15:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200