PENERAPAN MODEL INQUIRI MELALUI MEDIA AJAR COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VA SDN 04 KOTA BENGKULU

Abadis, , Eplan and Wurjinem, Wurjinem and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN MODEL INQUIRI MELALUI MEDIA AJAR COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VA SDN 04 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Eplan Abadis.pdf] Text
Skripsi Eplan Abadis.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VA SDN 04 Kota
Bengkulu dengan penerapan model Inquiri melalui media ajar Computer Assited
Instruction (CAI). Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi
guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar tes tertulis
dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif
dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan
pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 35 dengan kriteria
cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 34,25 dengan kriteria cukup, pada
siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 43,75 dengan kriteria amat baik dan
rata-rata skor observasi siswa sebesar 44,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis
ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata
6,83. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5%
dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,68. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model Inquiri melalui media ajar computer assited instruction
(CAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS serta dapat
meningkatkan kualitas proses pembelajaran khususnya di kelas VA SD Negeri 04
Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 15:23
Last Modified: 15 Dec 2013 15:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item
View Item