Octha Wulandari, Amelia and Noeke, Sri Wardhani and M., Abdi (2012) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BULLYING PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU DITINJAU DARI KRIMINOLOGI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Hukum UNIB.
![Skripsi Amelia Octha Wulandari-2.pdf [thumbnail of Skripsi Amelia Octha Wulandari-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Amelia Octha Wulandari-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
eorang pelajar dikategorikan sebagai anak yang bermasalah apabila ia
menunjukkan gejala-gejala penyimpangan dari perilaku yang lazimnya dilakukan
oleh anak-anak pada umumnya. Salah satu contoh dari perilaku menyimpang pada
pelajar adalah perilaku bullying yang dilakukan pelajar di sekolah. Bullying
merupakan masalah yang cukup serius karena itu berbagai pihak harus bisa
memahami apa penyebabnya dan bagaimana bullying itu sehingga dapat secara
komprehensif melakukan pencegahan akibat yang tidak diinginkan. Permasalahan
dalam penelitian ini yaitu apa faktor-faktor penyebab bullying pada pelajar sekolah
dasar di Kota Bengkulu ditinjau dari kriminologi dan bagaimana upaya
penangulangan bullying pada pelajar sekolah dasar. Metode penelitian ini bersifat
deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris.
Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data diperoleh dengan
wawancara dan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan tentang
bullying pada pelajar sekolah dasar. Selanjutnya data diolah dengan tahapan editing
dan coding data yang kemudian dilakukan analisis kualitatif, yaitu analisis data yang
dideskripsikan dengan kata-kata yang menggunakan kerangka berpikir deduktif dan
induktif dan sebaliknya, kemudian dibuat dalam bentuk laporan skripsi. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor penyebab bullying pada pelajar sekolah
dasar di kota bengkulu adalah faktor pembawaan anak, faktor keluarga, faktor
lingkungan sebaya dan media. Jika ditinjau dari teori kriminologi maka sesuai dengan
teori psikoanalisa, learning theory,teori kontrol sosial, dan differential assosiation
serta faktor status sosial yang sesuai dengan teori sosiogenesis. Untuk
menanggulanginya digunakan upaya preventif dan refresif. Upaya preventif
dilakukan dengan cara penanaman pendidikan moral dan agama, memberikan tata
tertib di kelas, mengawasi dan memberikan bimbingan kepada pelajar, dan
memberikan sosialisasi mengenai bullying. Upaya represif, intervensi atau tindakan
dilakukan dengan cara pendekatan, pemanggilan orang tua dan pemberian hukuman
yang mendidik terhadap pelajar yang melakukan bullying. Skors dan pengembalian
pelajar kepada orang tua dilakukan sebagai upaya terakhir apabila pelajar benar-benar
tidak dapat dibina lagi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 13:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 13:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4580 |