PROBLEMATIKA MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Sarty, , Atmanandha and Susetyo, Susetyo and Suriyam, Suriyam (2012) PROBLEMATIKA MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika menulis puisi siswa kelas
VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui prose kegiatan belajar mengajar.
Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini yaitu observasi, rekaman, dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan terhadap problematika menulis puisi
siswa dapat disimpulkan (1) Puisi menggunakan huruf kecil dan besar secara acak
pada permulaan baris baru puisinya. (2) Penulisan puisi pada tepi kanan dan tepi kiri
halaman yang memuat penuh terisi oleh kata-kata puisi sehingga terlihat seperti
sebuah karangan cerita. (3) Penggunaan kata-kata dalam puisi yang kurang tepat
sehingga menjadikan pembaca bingung mengartikan makna puisi tersebut. (4)
Penulisan puisi yang tidak tepat dalam memilih kata-kata dan ketepatan
penempatannya, maka kata-kata itu tidak memancarkan daya gaib yang mampu
memberikan sugesti kepada pembaca untuk ikut sedih, terharu, bersemangat, marah,
dan, dan sebagainya. (5) Puisi yang ditulis siswa hanya mengungkapkan imaji
penglihatan saja yang puisi tersebut hanya melukiskan sesuatu yang bergerak-gerak.
Sedangkan imaji yang menguraikan bunyi dan imaji perabaan, kurang mendapatkan
perhatian dari siswa penulis puisi. Sehingga tidak memperkuat dan menambah
kepuitisan puisi tersebut. (6) Siswa tidak mengkonkretkan hal yang ingin
dikemukakan pada kata-kata dalam puisi. (7) Penulisan puisi tidak menggunakan
bahasa figuratif (majas) yang menyebabkan sajak menjadi tidak menarik. (8) Tidak
memaparkan tema puisi yang sesuai dengan pancasila yaitu: Ketuhanan,
kemanusiaan, kebangsaan, kedaulatan rakyat, dan keadilan sosial. Melainkan
penulisan puisi siswa pada umumnya menggunakan tema keindahan dan kasih
sayang.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 21:33
Last Modified: 16 Dec 2013 21:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200