PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PUISI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Dores, Dores and Dian , Eka Chandra and Agus , Joko Purwadi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PUISI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi-Dores-A1A008016.pdf] Text
Skripsi-Dores-A1A008016.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (900kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menyimak puisi
dengan pendekatan Quantum Teaching siswakelas VII SMP Negeri 03 Kota Bengkulu, (2)
Mengetahui peningkatan kemampuan menyimak puisi dengan pendekatan Quantum Teaching
siswa kelas VII SMP Negeri 03 Kota Bengkulu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, sedangkan strategi dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 03 Kota Bengkulu yang berjumlah 36 siswa dan mitra
adalah guru kelas VII yaitu Afrida, S. Pd. Sumber data yang digunakan adalah: (1) peristiwa,
yaitu proses pembelajaran yang berlangsung saat pembelajaran menyimak dengan
menggunakan pendekatan quantum teaching; (2) informan, yaitu pendidik dan anak didik
(siswa kelas VII); dan (3) dokumen, yaitu materi menyimak, hasil pekerjaan siswa, dan
daftar nilai siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) analisis lembar observasi,
(2) analisis data hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus
prosedurnya adalah: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan,
dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan persentase
ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian adalah: (1) Quantum Teaching
dapat diterapkan dalam kegitan menyimak puisi, (2) Terjadi peningkatan kemampuan
menyimak puisi siswa menggunakan pendekatan quantum teaching. Diketahui dari hasil tes
siklus I nilai rata-rata mencapai 68,4 dengan ketuntasan belajar mencapai 72,2%, pada siklus
II terjadi peningkatan nilai rata-rata yaitu 80,2 dengan ketuntasan belajar mencapai 86,1%.
hasil ini menunjukkan adanya peningktan kemampuan menyimak puisi dengan menggunakan
pendekatan Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 21:53
Last Modified: 16 Dec 2013 21:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200