PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Embrianti, , Elsi. and Susetyo, Susetyo and Agus , Joko Purwadi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berbicara siswa dapat
ditingkatkan dengan menggunakan Strategi Think Pair Share pada Siswa Kelas
VIII.1 SMP 18 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012 ini. Penelitian ini adalah
Penelitian tindakan kelas. Sebagai kelas tindakan dilakukan penelitian ini di kelas
VIII.1 yang berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri atas 12 orang siswa laki-laki dan
20 orang siswa perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
penggunaan strategi Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berbicara
siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012. Teknik
pengumpulan data digunakan adalah teknik observasi (pengamatan) dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan
berbicara siswa pada saat menerapkan strategi Think Pair Share. Prosedur
pelaksanaan pembelajaran yaitu, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Evaluasi pembelajaran guru memberikan penilaian serta saran terhadap setiap
penampilan siswa. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa peningkatan
kemampuan berbicara siswa, khususnya menyampaikan sanggahan, penolakan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti dan alasan dalam pelaksanaan
pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi Think Pair Share pada
siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu meningkat. Peningkatan ini
tampak dari proses pembelajaran dan aktivitas kegiatan siswa yang lebih aktif dan
lebih bersemangat, saling memberikan motivasi, dan menghargai pendapat orang
lain. Peningkatan kemampuan berbicara siswa ini dapat dilihat pada siklus I nilai
rata-rata 72,43 dan ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 53,12% atau
17 orang siswa yang tuntas dari 32 siswa yang mengikuti kegiatan berbicara.
Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 78,12 dan ketuntasan belajar klasikal 84,37%
atau 27 siswa yang tuntas dari 32 siswa yang mengikuti kegiatan berbicara.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 21:55
Last Modified: 16 Dec 2013 21:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200