UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENDENGARKAN BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VIII B SMP 13 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012

Nupus, Hayatun and Padi, Utomo and Agus , Trianto (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENDENGARKAN BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VIII B SMP 13 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKIRIPSI HAYATUN NUPUS PTK fikk-2.pdf] Text
SKIRIPSI HAYATUN NUPUS PTK fikk-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini tindakan apa yang tepat untuk meningkatkan
kemampuan mendengarkan berita. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan mendengarkan berita dengan metode pembelajaran cooperative
script di kelas VIII-B SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian yaitu seorang guru dan 40
siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2012, terdiri dari datu siklus.
Rancangan penelitian melibatkan guru, observer, dan peneliti yang kegiatannya
meliputi: (1) perencanaan,(2) pelaksanaan, (3) observasi dan monitoring, (4)
hasil penelitian, dan (5) refleksi dan revisi. Pengumpulan data melalui observasi,
dokumentasi, tes uraian, dan wawancara. Tekhnik analisis data mengunakan
rumus statitik dan dideskripsikan (statistik deskriptif). Hasil penelitian sebagai
berikut: (1) aktivitas atau proses belajar siswa mengalami peningkatan dari tahap
awal hingga tahap akhir hingga aspek indikator proses bisa dicapai oleh siswa
yaitu siswa antusias dalam belajar, antusias menjawab tes uraian tepat waktu,
keberanian menyampaikan pendapat, dan keberanian menuliskan dan
mengikhtisarkan hasil kerja meningkat, dan (2) hasil belajar siswa meningkat,
ditunjukan dengan angka: (a) presentase ketuntasan belajar klasikal pada tahap
awal sebesar 43.58% dari jumlah siswa menjadi 71.05% pada tahap dua serta
meningkat menjadi 83.05% pada tahap akhir, (b) nilai rata-rata kualitas
pembelajaran pada kegiatan awal 69.10 meningkat pada tahap dua menjadi
78.68 dan pada tahap akhir menjadi 85, (c) daya serap klasikal pada tahap awal
69.10% meningkat pada tahap dua menjadi 78.68% kemudian meningkat lagi
pada tahap akhir menjadi 85%, Dan (3) dari hasil wawancara diketahui siswa
dan guru menyenagi pembelajaran dengan metode cooperative script.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 22:06
Last Modified: 16 Dec 2013 22:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4649

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200