KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN BOBO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Kartika Hartati, Heni and Ria, Ariesta and Suriyam, Suriyam (2012) KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN BOBO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI-2.pdf] Text
SKRIPSI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Kemampuan Memahami
Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen Bobo Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13
Kota Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP
Negeri 13 Kota Bengkulu yang terdiri dari empat kelas yang total keseluruhannya
adalah 143 siswa. Sampel diambil sebesar 35% dari jumlah siswa kelas VIII yang
berjumlah 143 dengan teknik random sampling. Tujuan penelitian ini adalah
menngetahui kemampuan memahami unsur intrisik dan eksrtrinsik cerpen Bobo
siswa kelas VIII SMP Negeri 13 kota Bengkulu. Untuk melihat kemampuan siswa
tersebut, dilakukan dengan teknik tes yang berbentuk tes pilihan ganda yang
berjumlah 15 item dengan waktu 60 menit. Alat tes tersebut terlebih dahulu di uji
validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran daya pembedanya. Dalam penelitian ini
terdapat tiga cerpen yaitu Cabe Emas, Pelajaran Bagi Raja dan Menuju Ke Hutan
Bakau yang dianalisis oleh siswa yang setiap cerpen terdiri dari 15 item
kemampuan memahami cepen tersebut dianggap layak untuk diteliti. Sebelum
penelitian dilakukan terlebih dahulu di uji cobakan, hasil dari uji coba terdapat 1
item yang tidak layak yang terdapat pada soal cerpen kedua (Pelajaran Bagi Raja),
namun 1 item tersebut direvisi, sedangkan untuk cerpen pertama (Cabe Emas) dan
Cerpen ketiga (Menuju Ke Hutan Bakau) semua item soal layak. Hasil
pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami pada aspek
penokohan berada pada tingkat85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar
86,3%, pemahaman pada aspek latar berada pada tingkat 85%-100% dengan
kategori baik sekali sebesar 90,2%, pemahaman pada aspek alur berada pada
tingkat 60%-74% dengan kategori cukup sebesar 72,3%, pemahaman pada aspek
tema berada pada tingkat 85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar85,3%,
pemahaman pada aspek amanat berada pada tingkat 85%-100% dengan kategori
baik sekali sebesar 92,6%, pemahaman pada aspek nilai sosial berada pada tingkat
85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar 96,6%, pemahaman pada aspek
memahami sikap dan menanggapi persoalan yang dihadapi tokoh cerita berada
pada tingkat 85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar 96%, pemahaman
siswa terhadap unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen berada pada tingkat 85%-
100% dengan kategori baik sekali sebesar 87,2%.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 22:09
Last Modified: 16 Dec 2013 22:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200