Aprianti, , Hera. and Agus , Trianto and Bambang , Djunaidi (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS VIII.3 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (736kB)
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
peningkatan keterampilan menulis berita melalui pendekatan Whole Language.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran peningkatan keterampilan
menulis berita dengan menerapkan pendekatan Whole Language pada siswa kelas
VIII.3 SMPN 18 Kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian
berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi (guru
dan siswa) dan lembar tes tertulis menulis berita. Teknik pengumpulan data terdiri
dari lembar pengamatan, tes menulis berita, dan dokumentasi. Prosedur penelitian
yang digunakan adalah dengan model Arikunto, dengan langkah-langkah
penelitian, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
observasi, (4) refleksi. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus
I sebesar 46,87% dengan nilai rata-rata 72,5. Pada siklus II ketuntasan belajar
secara klasikal sebesar 75% dengan nilai rata-rata 77,46. Berdasarkan data
tersebut ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 28,13%
dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 4,96. Meningkatnya hasil pembelajaran
siswa tersebut, dapat juga dilihat dari sikap siswa setelah berlatih menulis berita
melalui pendekatan Whole Language. Dengan demikian, dapat disimpulkan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 22:13 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 22:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4651 |